https://jatim.times.co.id/
Berita

KPU Jatim Lakukan Sortir Lipat dan Setting Packing Surat Suara Sebelum Distribusi ke Daerah 

Rabu, 23 Oktober 2024 - 18:04
KPU Jatim Lakukan Sortir Lipat dan Setting Packing Surat Suara Sebelum Distribusi ke Daerah  Ilustrasi - Surat Suara. (FOTO: Dok.Antara/Afif)

TIMES JATIM, SURABAYA – Beberapa hari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melakukan peninjauan surat suara di salah satu tempat percetakan yang ada dikawasan Rungkut Industri Surabaya, Jawa Timur. 

Peninjauan ini merupakan fungsi KPU untuk memastikan tidak adanya kesalahan, baik cetak maupun foto kandidat Pilkada serentak dengan mendatangi langsung perusahaan penyedia logistik Pilkada Jawa Timur. 

Pihaknya juga mengingatkan kepada para produsen surat suara untuk benar-benar mencetak surat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU dan data yang telah diberi oleh partai maupun para kandidat. 

Tak hanya itu saja, KPU juga meminta kualitas surat suara sebagaimana spek yang sudah dikirimkan oleh KPU RI kepada pihak perusahaan penyedia logistik pilkada, serta foto kandidat calon gubernur, bupati/walikota juga wajib sesuai dengan soft file yang dikirim.

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jawa Timur, Miftahur Rozaq mengatakan, bahwa terkait sortir lipat surat suara akan segera dilakukan oleh pihak KPU Jatim minggu-minggu ini. Terkait setting packing dari surat suara tersebut, pihaknya menjadwalkan pada minggu depan. 

"Minggu ini akan kita lakukan sortir surat suara dan minggu depannya, kita baru melakukan setting packingnya. Karena saat ini masih proses produksi surat suara, baik pilgub ataupun pemilihan bupati dan walikota yang ada di wilayah Jawa Timur," terang Rizaq saat ditemui di Surabaya, Rabu (23/10/2024). 

Terkait surat suara tersebut apakah ada yang rusak atau berapa jumlah surat suara yang rusak saat proses sortir, Rozaq mengatakan, jika selanjutnya kategori rusak dan cacat kemudian tetap masih dapat digunakan, tetap menjadi prioritas pihaknya dalam menyeleksi surat suara tersebut sebelum disebar ke daerah-daerah yang ada di Jatim. 

"Tetap menjadi sebuah potensi bagi kami dalam proses sortir ya untuk surat suara. Nah, kalaupun nanti ditemukan surat suara rusak ataupun cacat tentu nanti kami identifikasi dan kita rekap kira-kira jumlahnya berapa baik untuk surat suara pemilihan Guberbur, Bupati/walikota untuk Pilgub Jatim," terangnya. 

Sekadar diketahui, Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jawa Timur Sebanyak 31.280.418, angka tersebut setara dengan surat suara yang nantinya disebarkan secara merata oleh pihak KPU Jatim di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di seluruh Jawa Timur. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.