https://jatim.times.co.id/
Berita

CEK FAKTA: Debat Pilgub Jatim 2024, Luluk Nur Hamidah Sebut Jumlah Penduduk Miskin di Jatim Tertinggi di Indonesia, Benarkah?

Jumat, 18 Oktober 2024 - 20:30
CEK FAKTA: Debat Pilgub Jatim 2024, Luluk Nur Hamidah Sebut Jumlah Penduduk Miskin di Jatim Tertinggi di Indonesia, Benarkah? Cek Fakta Debat Pilgub Jatim 2024.

TIMES JATIM, JAKARTA – Debat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2024 (Debat Pilgub Jatim 2024) berlangsung  di Graha Unesa Surabaya, Jumat  (18/10/2024) malam. Cagub Jatim nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah menyebut jumlah penduduk miskin di Jawa Timur tertinggi di Indonesia.

Inilah pernyataan lengkap yang disampaikan Luluk Nur Hamidah dalam Debat Pilgub Jatim 2024: 

Rekan kami ibu Khofifah dan juga Ibu Risma telah mendapatkan kepercayaan dari rakyat Jawa Timur, mereka berdua pernah menjadi Menteri Sosial Bersama. Namun demikian, kondisi Jawa Timur sebagaimana yang kita rasakan dan kita ketahui bahwa jumlah penduduk miskin di Jawa Timur tertinggi di Indonesia.

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia bahwa pernyataan yang disampaikan cagub Luluk Nur Hamidah tentang  jumlah penduduk miskin di Jawa Timur tertinggi di Indonesia,  benar. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun  2023, jumlah pemduduk miskin di Jatim sebesar 4,198 juta jiwa. Jumlah ini tertinggi di Indonesia. 
Sumber: Tabel Statistik Jumlah Penduduk Miskin menurut Provinsi - BPS

Masih berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin di Jatim pada 2023 adalah 10,35 persen. Angka ini lebih tinggi dari angka kemiskinan nasional yang sebesar 9,36 persen.
Sumber: Tabel Statistik Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Provinsi dan Daerah - BPS

Kesimpulan

Pernyataan Cagub Luluk Nur Hamidah dalam debat Pilgub Jatim 2024 yang menyebut jumlah penduduk miskin di Jawa Timur tertinggi di Indonesi, benar. Berdasarkan dData BPS tahun  2023, jumlah penduduk miskin di Jatim sebesar 4,198 juta jiwa, menjadi yang tertinggi di Indonesia. 

Sebagai informasi dalam Debat Pilgub Jatim 2024 sesi pertama ini mengusung tema Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktifitas Sumber Daya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur

Cek Fakta TIMES Indonesia mengimbau masyarakat untuk lebih selektif menerima informasi atau menyebarkan informasi yang benar.

Tentang Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan sejumlah media dan komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim Cek Fakta TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected]. (*)

Pewarta : Ferry Agusta Satrio
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.