https://jatim.times.co.id/
Berita

Paus Pilot Terdampar di Pantai Permata Probolinggo

Jumat, 18 Oktober 2024 - 20:20
Paus Pilot Terdampar di Pantai Permata Probolinggo Warga membantu membasahi paus pilot agar tetap bertahan sebelum dievakuasi. (Foto: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Warga sekitar Pantai Permata, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, dihebohkan oleh penemuan seekor anakan paus pilot yang diduga terpisah dari rombongannya. 

Paus tersebut pertama kali ditemukan oleh Sugianto (54), seorang pencari kerang dari Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, pada Jumat (18/10/2024) pukul 15.00.

Sugianto mengisahkan, saat itu ia tengah mencari kerang seperti biasanya, ketika dari kejauhan ia melihat gundukan besar. 

Penasaran, ia mendekati objek tersebut dan kaget saat menyadari jika gundukan tersebut adalah seekor paus.

“Awalnya saya tidak tahu ini jenis paus apa. Setelah saya menghubungi Kelompok Nelayan di Pantai Permata, barulah tahu kalau paus yang terdampar ini adalah paus jenis pilot,” ujar Sugianto saat ditemui di lokasi.

Paus hitam tersebut memiliki panjang sekitar enam meter dengan berat diperkirakan lebih dari satu ton, dan masih dalam kondisi hidup. 

Warga sekitar berupaya menyelamatkannya, salah satunya dengan menghubungi pihak berwenang dan terus menyiram paus agar tetap basah.

“Ada beberapa luka di tubuhnya, mungkin akibat goresan saat berusaha menyelamatkan diri,” tambah Sugianto.

Maya Unisma, Penyuluh Perikanan pada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kota Probolinggo, yang juga berada di lokasi, menduga paus ini terpisah dari kelompoknya.

“Paus pilot hidup berkelompok, kemungkinan terpisah karena terseret arus kuat akibat angin kencang. Ketika berusaha kembali ke laut, air sudah keburu surut sehingga paus ini terjebak,” jelas Maya.

Berdasarkan ukurannya, Maya mengidentifikasi jika paus tersebut masih anakan. “Kondisinya lemah, mungkin akibat kelelahan saat mencoba kembali ke laut,” tambahnya.

Untuk menyelamatkan paus tersebut, Maya mengatakan telah berkoordinasi dengan KSOP dan Kesyahbandaran guna mempersiapkan evakuasi.

“Kemungkinan evakuasi akan dilakukan saat air pasang, karena secara manual sulit dilakukan,” pungkas Maya. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.