https://jatim.times.co.id/
Berita

Luluk Nur Hamidah Tekankan Pentingnya Pancasila dalam Memperkuat Kohesi Sosial

Jumat, 18 Oktober 2024 - 22:06
Luluk Nur Hamidah Tekankan Pentingnya Pancasila dalam Memperkuat Kohesi Sosial Cagub nomor urut 1, Luluk Nur Hamida dan Cagub nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa saat Debat Publik Pilgub Jatim di Graha Unesa, Jumat (18/10/2024). (Foto: Tangkapan Layar)

TIMES JATIM, SURABAYA – Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut 1, Luluk Nur Hamidah, menegaskan bahwa penerapan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika adalah jalan keluar terbaik untuk memperkuat kohesi sosial di Jawa Timur.

Dalam debat yang berlangsung pada Jumat (18/10/2024), Luluk memberikan jawaban mengenai fenomena melemahnya kohesi sosial di masyarakat yang dapat menimbulkan masalah serius dan dapat diatasi dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila.

"Sistem menerapkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika akan memberikan jalan keluar terbaik untuk problem yang terkait dengan kohesi sosial ini," ungkap Luluk.

Ia mencatat bahwa 40% konflik sosial terjadi di perkotaan dan sering kali diakibatkan oleh ketimpangan ekonomi, kedisharmonisan, serta faktor kemiskinan. Luluk menekankan pentingnya kolaborasi antara lintas agama, lintas budaya, dan komunitas. 

"Oleh karena itu, penting kolaborasi antara lintas agama, lintas budaya, komunitas, dan bahkan program kolaborasi serta sekolah inklusi," jelasnya.

Ia juga mengusulkan dialog komunitas untuk menjaga harmoni di masyarakat.

"Dialog komunitas untuk menjaga harmoni sangat penting di Jawa Timur, karena kita adalah masyarakat yang multi-kultural. Maka, jangan sampai keberagaman ini menimbulkan disharmoni di tengah masyarakat kita," tegasnya.

Dengan pendekatan ini, Luluk berharap dapat mendorong terciptanya masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif. 

"Mari kita jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam hidup bermasyarakat, agar keharmonisan dan keutuhan masyarakat di Jawa Timur dapat terjaga," pungkas Luluk. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.