https://jatim.times.co.id/
Berita

RSUD dr Seogiri Lamongan Tekankan Pentingnya Memantau Perkembangan Janin dengan USG

Senin, 30 September 2024 - 09:28
RSUD dr Seogiri Lamongan Tekankan Pentingnya Memantau Perkembangan Janin dengan USG Pasien ibu hamil saat berada di depan Poli Kandungan RSUD dr Soegiri Lamongan, Senin (30/9/2024). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Direktur RSUD dr Seogiri Lamongan, dr. Muhammad Chaidir Annas menekankan, pentingnya bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan USG (Ultrasonografi) secara berkala demi memastikan kondisi kesehatan janin tetap optimal.

Pemeriksaan USG tidak boleh diabaikan, karena menurutnya, memiliki peran vital dalam mendeteksi perkembangan janin, mengetahui kondisi kesehatan, serta mendeteksi kelainan yang mungkin muncul selama kehamilan. 

"Dengan USG, kita bisa memantau apakah janin berkembang sesuai dengan usia kehamilan, mendeteksi kelainan struktural, serta memastikan kondisi plasenta dan air ketuban. Ini sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius," ujar dr. Annas, Senin (30/9/2024). 

RSUD-dr-Soegiri.jpg

Lebih lanjut, dr. Annas menjelaskan bahwa ada beberapa tahap penting di mana ibu hamil disarankan untuk melakukan USG. 

"Idealnya, USG dilakukan minimal tiga kali selama kehamilan. Pertama, pada trimester pertama, sekitar usia kehamilan 11-14 minggu. Pada tahap ini, kita dapat memastikan adanya kehamilan serta menghitung usia janin dengan lebih akurat," katanya. 

Tahap kedua USG direkomendasikan pada trimester kedua, sekitar usia 18-22 minggu. Pada periode ini, USG penting untuk memantau pertumbuhan organ vital janin, seperti jantung, otak, dan ginjal. 

"Ini juga waktu yang ideal untuk mendeteksi kelainan bawaan atau cacat lahir," ucapnya. 

Terakhir, pada trimester ketiga, USG dapat dilakukan sekitar 28-32 minggu kehamilan. "USG pada trimester ketiga berguna untuk memantau posisi janin, kondisi plasenta, serta menentukan apakah ada risiko persalinan prematur atau komplikasi lainnya," tuturnya. 

Manfaat melakukan USG, dr Annas menyampaikan, tidak hanya terbatas pada pemeriksaan fisik janin saja, tetapi juga memberikan ketenangan bagi ibu hamil. 

"Dengan USG, ibu hamil dapat mengetahui secara langsung perkembangan janin, sehingga dapat mengurangi kecemasan dan stres selama masa kehamilan," katanya. 

Selain itu, pemeriksaan USG juga dapat membantu tim medis dalam merencanakan proses persalinan.

RSUD-dr-Soegiri-2.jpg

"Jika ada indikasi komplikasi atau kelainan, kita bisa mengambil langkah yang tepat untuk menangani situasi tersebut lebih awal, sehingga meningkatkan peluang persalinan yang aman baik bagi ibu maupun bayi," ucapnya. 

Dengan manfaat yang begitu besar, dr. Annas mengimbau para ibu hamil untuk tidak ragu dalam melakukan USG sesuai jadwal yang telah dianjurkan. 

"Jangan anggap sepele pemeriksaan USG, karena ini adalah salah satu cara untuk memastikan kesehatan ibu dan janin tetap terjaga," ucap dr. Annas, Direktur RSUD dr Soegiri Lamongan. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.