https://jatim.times.co.id/
Berita

KPU Jatim: Pilgub Jatim, Masing-masing Paslon Bisa Gelar Kampanye Terbuka Dua Kali

Senin, 30 September 2024 - 09:20
KPU Jatim: Pilgub Jatim, Masing-masing Paslon Bisa Gelar Kampanye Terbuka Dua Kali Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi.

TIMES JATIM, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyebut bahwa selama musim kampanye pemilihan kepala daerah, masing-masing pasangan calon di Pilgub Jatim 2024 berkesempatan menggelar kampanye terbuka dan rapat umum selama dua kali. 

"Sesuai dengan regulasi yang ditetapkan KPU RI, kuota kampanye terbuka atau rapat umum masing masing pasangan calon di Pilgub Jatim 2024, sebanyak dua kali. Untuk waktu dan lokasinya, silakan paslon memilih harinya. Selanjutnya, kita koordinasikan dengan kepolisian dan Bawaslu," terang Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi, Senin (30/9/2024).

Aang menjelaskan bahwa kewenangan mengatur jadwal, dan lokasi kampanye rapat umum menjadi kewenangan kepolisian. Itu dipastikan guna menghindari hal-hal tidak diinginkan, misal terjadi di dalam lokasi yang sama. 

Aang juga menegaskan untuk menggelar rapat akbar tim kampanye pasangan calon punya kewajiban membuat laporan kegiatan, termasuk estimasi massa yang menghadiri. 

"Itu menyangkut keamanan dan ketertiban, yang menjadi kewenangan institusi polri. Serta guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Misal, soal jam pelaksanaan, lokasi yang berjarak dan ada jedah," terangnya.

Selain mengatur jadwal rapat terbuka, KPU Jatim mempunyai kewajiban menfasilitasi kampanye masing-masing paslon dengan memberikan Alat Peraga Kampanye (APK), iklan kampanye serta debat terbuka.

“Jumlah bahan kampanye yang diberikan KPU Jatim kepada masing masing paslon itu angkanya mengacu pada jumlah DPT Pilgub Jatim sebanyak 31.280.418 pemilih dibagi tiga sehingga ketemu 10.426.806,” jelas pria asal Surabaya ini.

Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Jatim, Nur Salam menambahkan, untuk bahan kampanye yang akan diberikan KPU Jatim kepada masing masing paslon, meliputi 4 macam. Yakni berupa selebaran, brosur, pamflet dan poster. Total 10,4 juta unit.

“Jadi 10,4 juta itu dibagi 4 jenis bahan kampanye, masing-masing jenis bahan kampanye ketemunya 2,6 juta sehingga kata kumulatif fasilitasi KPU Jatim ketemu angka 31 juta,” urainya.

Mantan komisioner KPU Magetan ini menjelaskan bahwa distribusi logistik Pilgub Jatim itu dibagi menjadi 2 termin. Yang pertama tidak berkaitan dengan paslon. Seperti, paku, bilik, kerdus, kotak suara itu sudah terdistribusi semuanya ke masing-masing KPU Kabupaten/Kota.

Sebagai informasi, Pilgub Jatim 2024 diikuti 3 pasang calon. Luluk-Lukman mendapat pasangan nomor urut 1, Khofifah-Emil dapat nomor urut 2, dan Risma-Gus Hans memperoleh nomor urut 3. (*)

 

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.