https://jatim.times.co.id/
Berita

Bawaslu Magetan Siap Kawal Hak Pilih Masyarakat di Pilkada 2024

Rabu, 26 Juni 2024 - 14:05
Bawaslu Magetan Siap Kawal Hak Pilih Masyarakat di Pilkada 2024 Ketua Bawaslu Magetan, Muhamad Kilat Adinugroho Syaifullah saat memimpin apel. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MAGETAN – Ketua Bawaslu Magetan, Muhamad Kilat Adinugroho Syaifullah menekankan kepada seluruh Panwascam dan jajaran untuk memaksimalkan pengawasan untuk menjamin masyarakat yang telah mempunyai hak pilih telah terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada 2024

Hal itu dikatakannya pada saat Apel Akbar Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih dan Launching Posko Kawal Hak Pilih Bawaslu di Kantor Bawaslu Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Rabu (26/6/2024). 

"Pastikan warga negara yang memiliki hak pilih terjamin hak nya, maka dari itu, saya berharap rekan-rekan Bawaslu Magetan, bersama mengawal hak pilih masyarakat serta perhatikan tahapan pengawasan Coklit (pencocokan dan penelitian)," ujarnya kepada TIMES Indonesia. 

Selain itu, Kilat menekankan agar Coklit dapat dilakukan sesuai dengan prosedur, yaitu mulai ketaatan terhadap seluruh prosedur pelaksanaan Coklit data pemilih, seperti kepala keluarga yang tidak diCoklit tetapi ditempel stiker, kepala keluarga yang sudah diCoklit tetapi tidak ditempel stiker, kepala keluarga yang sudah diCoklit dan sudah ditempel stiker dan masih banyak lagi. 

"Selain itu juga, Pantarlih yang terbukti sebagai anggota maupun pengurus parpol, pantarlih yang tidak mencoklit secara langsung, pantarlih yang tidak mempunyai SK, pantarlih yang melimpahkan tugasnya kepada orang lain atau joki. Kemudian pengawasan Coklit pada daerah terluar, kelompok rentan hingga pemilih yang terisolir," ungkapnya. 

Pun, Patroli pengawasan kawal hak pilih ini sesuai instruksi dari Bawaslu Republik Indonesia (RI) untuk melaksanakan tugas pengawasan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Tahun 2024, juga dalam rangka melaksanakan tugas pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran dan sengketa Pemilihan. 

" Ini juga untuk menindaklanjuti Surat Edaran Nomor 89 Tahun 2024 tentang Pencegahan Pelanggaran dan Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024," Kata Ketua Bawaslu Magetan, Muhamad Kilat Adinugroho Syaifullah. 

Pun dalam Apel Akbar Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih dan Launching Posko Kawal Hak Pilih Bawaslu Magetan juga dihadiri langsung oleh seluruh pimpinan Bawaslu Magetan beserta jajarannya. (*)

Pewarta : Aditya Candra
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.