https://jatim.times.co.id/
Berita

Dukung Transparansi dan Penyebaran Informasi yang Berkualitas, Inspirasi College Gelar UKW

Rabu, 25 September 2024 - 16:20
Dukung Transparansi dan Penyebaran Informasi yang Berkualitas, Inspirasi College Gelar UKW Kegiatan UKW yang dilaksanakan di Inspirasi College di Sidoarjo. (Foto: Dok. Inspirasi College)

TIMES JATIM, SIDOARJO – Dalam upaya mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), Inspirasi College tidak hanya berfokus pada lingkungan sekolah, tapi juga mendukung transparansi dan penyebaran informasi yang berkualitas.

“Sebagai bagian dari realisasi SDGs lainnya melalui lingkungan sekitar, Inspirasi College juga mengadakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda untuk jurnalis di Sidoarjo,” ungkap Ketua Yayasan Inspirasi College, Joey Pattinasarani, Rabu (25/9/2024).

Program ini, lanjutnya, bertujuan untuk mendukung SDG ke-4 tentang Quality Education (Pendidikan Berkualitas) dan SDG ke-16 tentang Peace, Justice, and Strong Institutions (Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh) dengan meningkatkan kompetensi jurnalistik yang berlandaskan integritas dan profesionalisme.

Dalam UKW ini kemampuan para jurnalis diasah, meliputi penulisan berita, wawancara, hingga pemahaman mendalam tentang etika jurnalistik.

"Diharapkan, program ini dapat mencetak jurnalis muda yang kompeten, berintegritas, dan mampu berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih adil dan terbuka," tuturnya.

Sementara itu, Founder Inspirasi College, Jaspal Sidhu menegaskan, dengan mengintegrasikan SDGs ke dalam pendidikan, pihaknya ingin memastikan bahwa siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga aktif berkontribusi dalam menciptakan perubahan positif di dunia nyata.

"Kami juga ingin mendukung para jurnalis melalui UKW sebagai langkah konkret dalam mendukung keterampilan jurnalistik sebagai salah satu pilar penting dalam membangun masyarakat yang lebih transparan dan demokratis," ujarnya.

UKW pertama yang diadakan Inspirasi College diikuti sebanyak 11 jurnalis dari Harian Jawapos, Harian Surya, Detik.com, IDNTimes, dan Times Indonesia yang dihelat Senin hingga Rabu (23-25 September) di Inspirasi College, The Jivana Homes Sidoarjo.

Inspirasi College juga melakukan penandatanganan Implementation of Agreement (IA) Bersama Universitas Dr. Soetomo dalam rangka kerjasama kegiatan bimbingan teknis pelatihan jurnalistik dan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan.

"Kerjasama ini menjadi langkah penting bagi kedua institusi dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme di Indonesia khususnya di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Sejalan dengan komitmen untuk mendukung kemajuan Pendidikan dan Media di Indonesia," tandasnya. (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.