https://jatim.times.co.id/
Berita

Mahasiswa Baru dari 11 Provinsi Resmi Mulai Kuliah di STKIP PGRI Pacitan

Rabu, 25 September 2024 - 22:28
Mahasiswa Baru dari 11 Provinsi Resmi Mulai Kuliah di STKIP PGRI Pacitan Penutupan PKKMB 2024 STKIP PGRI Pacitan ditandai dengan apresiasi kepada mahasiswa baru berprestasi. (FOTO: STKIP for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITANSTKIP PGRI Pacitan resmi menerima mahasiswa baru dari 11 provinsi di Indonesia pada tahun ajaran 2024/2025. 

Diterimanya mahasiswa baru ini menyusul berakhirnya Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024.

Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi, menyampaikan sambutan hangat kepada seluruh mahasiswa baru.

"Selamat bergabung kepada para mahasiswa baru yang secara resmi menjadi bagian dari civitas akademika STKIP PGRI Pacitan. Dengan penuh keramahan dan kehangatan kami menyambut Saudara-Saudari di kampus ini agar sukses dalam perjalanan akademik, awal hingga akhir," ujarnya, Rabu (25/9/2024). 

Tak hanya lokal, tahun ini, STKIP PGRI Pacitan menerima mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Mereka berasal dari berbagai provinsi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, hingga Papua Barat Daya. 

Dari total 483 mahasiswa baru, sebagian besar berasal dari Jawa Timur, sebanyak 462 mahasiswa.

"Hal ini tentu bukan sebuah kebetulan, melainkan takdir dari Allah SWT. Oleh karena itu, ayo kawan-kawan mahasiswa berpegang kuat satu sama lain, saling bergandengan tangan, dan bersama-sama mewujudkan cita-cita mulia," tambah Dr. Mukodi. 

STKIP PGRI Pacitan terus memperkuat posisinya sebagai kampus yang berkomitmen pada pengembangan akademik dan pengembangan karakter mahasiswanya. 

Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kampus ini telah mengirimkan puluhan mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran di berbagai universitas terkemuka di luar Pulau Jawa.

STKIP-PGRI-Pacitan.jpg

Sejumlah 36 mahasiswa telah diberangkatkan dalam dua tahun terakhir, dengan universitas tujuan antara lain Universitas Negeri Padang, Universitas Bosowa Makassar, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, dan Universitas Khairun Ternate.

"Kampus ini telah memberangkatkan sebanyak 36 mahasiswa untuk program pertukaran ke puluhan universitas di luar Jawa, dan banyak lagi yang mengikuti program Kampus Mengajar serta studi independen," jelas Dr. Mukodi. 

Lebih lanjut, Dr. Mukodi juga memberikan pesan khusus kepada para mahasiswa baru untuk memanfaatkan masa kuliah dengan sebaik-baiknya. 

"Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi. Jika ada hal-hal yang tidak atau kurang dipahami, jangan ragu untuk bertanya kepada kami," pesannya.

Dr. Mukodi pun mengutip nasihat dari kitab Alala Tanalul 'Ilma karya Imam al-Zarnuji sebagai motivasi bagi mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan perkuliahan. 

"Jangan bertanya tentang seseorang, tapi tanyalah tentang temannya, karena sesungguhnya teman akan mengikuti temannya. Bila temannya memiliki kejelekan maka jauhilah, dan bila temannya memiliki kebaikan, maka temanilah dia, maka kamu akan mendapatkan petunjuk."

Sebagai penutup, Dr. Mukodi secara resmi menutup acara PKKMB 2024 dengan harapan bahwa para mahasiswa baru akan menempuh perjalanan akademis yang sukses di STKIP PGRI Pacitan dan kelak dapat menjadi Sarjana Pendidikan yang berkompeten.

"Selamat belajar dan semoga sukses hingga akhirnya kami dengan bangga akan menyematkan gelar Sarjana Pendidikan bagi Saudara empat tahun mendatang," kata Dr. Mukodi, Ketua STKIP PGRI Pacitan. (*) 

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.