https://jatim.times.co.id/
Berita

Mulai Bertugas, Tiga Hal Berikut Jadi Fokus Pjs Bupati Kediri

Rabu, 25 September 2024 - 22:36
Mulai Bertugas, Tiga Hal Berikut Jadi Fokus Pjs Bupati Kediri Pjs Bupati Kediri Heru Wahono Santoso (foto : yobby/Times Indonesia)

TIMES JATIM, KEDIRI – Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kediri Heru Wahono Santoso mulai bertugas untuk memimpin pemerintahan Kabupaten Kediri.  

Pria yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) 1 Madiun tersebut nantinya akan menjabat sebagai Pjs selama dua bulan kedepan, selama masa kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2024. 

Dalam penyerahan pengantar tugas Pjs Bupati Kediri di Gedung Pemkab Kediri, Heru mengungkapkan ada setidaknya tiga hal utama yang akan jadi fokus dalam dua bulan mendatang. Ketiga hal tersebut adalah, yang pertama mengawal proses penyusunan RAPBD tahun 2025. 

Karena sudah dalam proses, RAPBD tetap harus dipersiapkan dengan baik dan dijaga agar tidak terlambat. "Karena itu tetap kita kawal dan saya optimis, ini sudah berjalan dengan berjalan," ujarnya, Rabu (25/09/2024). 

Hal kedua yang tetap harus dijaga adalah bagaimana proses administrasi pemerintahan dan pembangunan, juga pelayanan kepada masyarakat tetap harus berjalan sesuai dengan semestinya. 

"Masyarakat tidak boleh dirugikan. oleh karena itu maka perlu ada yang ditunjuk sebagai Pjs untuk melakukan koordinasi," tambahnya. 

Sementara itu poin ketiga yang menjadi fokus adalah terkait dengan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2024, serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024. 

Provinsi Jawa Timur, ditegaskan Heru, merupakan barometer nasional. Karena itu keamanan dan kondusifitas Jawa Timur, selama dua proses tersebut harus dijaga dengan baik. 

"Ini butuh persiapan bagaimana proses pelaksanaan pilkada ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif. Tentu ini adalah tanggung jawab kita bersama. Kita ingin mengawal proses pilkada ini,agar berjalan sesuai dengan yang kita harapkan," ungkapnya lagi. 

Pengukuhan Heru sebagai Pjs Bupati Kediri dilakukan sehari sebelumnya, yakni 24 September 2024 di Gedung Negara Grahadi oleh Pj Gubernur Jawa Timur bersama 13 wilayah lain di Jawa Timur.  

Penunjukkan Heru sebagai Pjs seiring dengan pengajuan cuti Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, yang merupakan petahana dalam Pilbup Kediri 2024. Sesuai aturan, petahana yang maju di wilayah yang sama diharuskan cuti pada masa kampanye. 

Mas Dhito, sapaan akrab Hanindhito Himawan Pramana, semua keputusan terkait pemerintahan Kabupaten Kediri dalam dua bulan mendatang akan berada di tangan Pjs Bupati Kediri. 

"Karena saya sudah cuti, maka kewenangan untuk pengambilan keputusan dan berbagai macam hal diserahkan sepenuhnya kepada Pjs Bupati Kediri," pungkasnya. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.