https://jatim.times.co.id/
Berita

Hadiri Deklarasi Dukungan dari Akromy Jatim, Khofifah Terima Naskah Quran Kuno Berusia 700 Tahun

Rabu, 25 September 2024 - 20:42
Hadiri Deklarasi Dukungan dari Akromy Jatim, Khofifah Terima Naskah Quran Kuno Berusia 700 Tahun Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Deklarasi Aliansi Kyai, Lora, Gus, Ning dan Bu Nyai (Akromy) Jawa Timur di Pasuruan. (Foto: Dok. KIP)

TIMES JATIM, PASURUAN – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Deklarasi Aliansi Kyai, Lora, Gus, Ning dan Bu Nyai (Akromy) Jawa Timur di Pasuruan, Selasa (24/9/2024) malam.

Dalam kesempatan ini Akromy Jatim mendeklarasikan diri untuk mantap mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jawa Timur. 

Yang menarik dalam acara ini, Khofifah menerima naskah Alqur’an kuno berusia 700 tahun. Naskah kuno tersebut diserahkan langsung oleh KH. Machrus Aly Pengasuh Ponpes Al Ikhlas Rembang yang sekaligus adalah Pembina Akromy. 

“Terima kasih ini adalah kado yang sangat indah. Sebuah naskah kuno Alquran berusia 700 tahun. Kita lihat di sini naskah Alquran nya ditulis di atas daun lontar. Betapa ini sangat berharga sebagai jejak penyebaran Islam di masa lampau,” kata Khofifah.

Lebih lanjut, Khofifah pun menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya pada seluruh kiai, bu nyai, ning, gus dan juga lora yang hadir dalam deklarasi Akromy Jatim. Bahkan secara tegas menyatakan dukungan untuk Khofifah-Emil.

Khofifah mengatakan, di periode pertama, Khofifah-Emil telah konsisten melakukan kerja-kerja membangun dan meningkatkan kualitas pesantren di Jatim. Tak hanya dari segi infrastruktur saja, melainkan juga dari segi kualitas pendidikan santri maupun guru-guru di pesantren.

Khofifah.jpg

“Selama lima tahun kami memimpin, kami memberikan program beasiswa untuk S1, S2, dan S3 bagi santri dan guru pesantren Jatim. Dalam kurun waktu lima tahun, jumlah seluruh penerima beasiswa ini sudah lebih lima ribu orang. Semuanya santri dan guru madrasah diniyah serta  dosen mahad aly,” tegas Khofifah.

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim di bawah kepemimpinan Khofifah juga telah berhasil melaksakan program beasiswa kuliah sarjana di Universitas Al-Azhar Mesir. Per tahun ada sebanyak 30 mahasiswa Jatim yang diberangkatkan kuliah gratis di Al Azhar dengan beasiswa dari Al Azhar.

“Bahkan mulai tahun ini jumlahnya ditambah oleh Grand Syekh Azhar menjadi 33 orang. Semua yang lolos beasiswa sudah di tashih bacaan kitabnya, akademiknya dan juga bahasanya. Alhamdulillah ini adalah upaya kita meningkatkan kualitas pendidikan khususnya lulusan pesantren Jatim,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Akromy Jatim KH Kholil Mustofa menegaskan bahwa kiai dan bunyai yang tergabung dalam Akromy Jatim tak perlu ragu untuk mendukung Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim 2024 ini. 

“Ibu Khofifah dan Pak Emil sudah jelas ketika memimpin Jatim terbukti dan teruji kinerjanya, semangatnya, dan perjuangannya membangun Jawa Timur. Sehingga Jawa Timur kita menjadi maju, aman, tenteram, dan terkenali,” ujar KH Kholil Mustofa. 

“Jatim juga mendapatkan lebih dari 700 penghargaan. Atas prestasi beliau bahkan mendapatkan penghargaan dari Presiden. Satu satunya gubernur yang mendapatkan penghargaan dari Presiden kita, pada hari Otonomi Daerah 25 April 2024” imbuhnya.

Oleh sebab itu, ia meyakinkan bahwa seluruh anggota Akromy Jatim akan ada dalam satu barisan mendukung Khofifah-Emil hingga dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2025-2030. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.