https://jatim.times.co.id/
Berita

Harga Cabai Merah Besar di Banyuwangi Kian Merosot Sentuh Rp3.500 Per kilogram

Jumat, 04 Oktober 2024 - 15:31
Harga Cabai Merah Besar di Banyuwangi Kian Merosot Sentuh Rp3.500 Per kilogram Penjual bumbu dapur termasuk cabai merah besar di Pasar Banyuwangi. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Harga cabai merah besar di Kabupaten Banyuwangi kian merosot dalam sebulan ini hingga menyentuh harga Rp3.000 per kilogram di tingkat petani.

Anjloknya harga dari komoditas yang memiliki rasa pedas ini dikeluhkan oleh banyak petani cabai merah besar yang sedang panen pada musim ini, diantaranya petani asal desa Padang Kecamatan Singojuruh, Selamet.

Ia mengatakan, jika merosotnya harga cabai merah besar terjadi sudah hampir sebulan lebih, dengan harga terus dibawah Rp10.000 per Kilogram.

“Untuk sekarang harga cabai merah besar antara Rp3.500 sampai Rp4.000 per kilogram,” katanya Jumat, (4/10/2024).

Meski begitu Bang Amet sapaan akrab Selamet itu tidak tau menau soal penyebab turunya harga cabai merah besar. Pria berusia 24 tahun itu menduga banyaknya cabai merah besar dipasar membuat turunya harga.

“Kalau hama sekarang tikus banyak menyerang tanaman cabai termasuk cabai rawit, makanya harganya bisa naik meski sedikit,” tuturya.

Sementara itu, staf petugas pasar Banyuwangi, Arista Lila Candra mengatakan, apabila cabai merah besar sepekan ini adanya sedikit penurunan harga. 

“Saat ini harga cabai merah besar dijual di Pasar Banyuwangi dengan harga Rp13.000-Rp14.000 per kilogram,” ujar Arista.

Sebelumnya harga cabai merah besar di Pasar Banyuwangi dijual dengan harga Rp15.000 sampai Rp16.000 per Kilogram. 

Meskipun demikian, berbeda dengan cabai merah besar, cabai rawit di pasaran harganya cukup terbilang stabil meskipun sedikit fluktuatif. Di Pasar Banyuwangi harga cabai Rawit dibanderol Rp34.000 per kilogram, ada kenaikan dari harga sebelumnya yakni Rp30.000 per kilogram.

“Sejauh ini harga cabai rawit di Banyuwangi stabil di harga Rp30.000 per kilogram kadang turun diharga Rp28.000 dan kenaikan seperti saat ini yaitu Rp34.000 per kilogram,” cetus Arista. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.