https://jatim.times.co.id/
Berita

Tumpukan Sampah Sudah Terangkut 13 Truk, TPS Pasar Dampit Lebih Ditertibkan

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 13:53
Tumpukan Sampah Sudah Terangkut 13 Truk, TPS Pasar Dampit Lebih Ditertibkan Pemindahan tumpukan sampah menggunakan alat berat, yang sebelumnya berserak di TPS Pasar Dampit, Kabupaten Malang, untuk diangkut dan dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir. (Foto Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Upaya pemindahan tumpukan sampah di TPS Pasar Dampit, Kabupaten Malang sudah dilakukan, menyusul keluhan warga dan pedagang kemarin. 

"Sudah dipindahkan semua sampahnya, diangkut sampai 13 kali dengan armada truk sampah. Saat ini TPS sudah mulai bersih kembali," kata Camat Dampit, Abai Saleh, Sabtu (5/10/2024). 

Kepada TIMES Indonesia, Abai menjelaskan, pihaknya sudah mengupayakan sesuai arahan Plt Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, yang sebelumnya meninjau langsung kondisi tumpukan sampah di TPS Pasar Dampit tersebut. 

Bersamaan dengan pengangkutan sampah yang berserakan di sekitar TPS Pasar Dampit ini, menurutnya juga sudah langsung dengan sekaligus memberikan sosialisasi kepads pedagang pasar. 

"Kami sampaikan pemahaman, sekaligus memberikan banyak kresek (kantong plastik) ke pedagang bersama petugas UPTD Pasar setempat untuk memunguti sampah," kata Abai. 

Agar berikutnya tumpukan sampah tidak terjadi kembali, pihaknya juga akan mensosialisasikan ke warga sekitar pasar. Hal ini, menurutnya karena kebanyakan sampah berasal dari rumah tangga. Sedangkan, TPS tersebut diperuntukkan menampung sementara untuk sampah Pasar Dampit.    

Selain itu, lanjutnya, disepakati bersama pihak UPT Dinas Pasar, untuk segera membuatkan pagar di TPS, untuk melokalisir sampah yang dihasilkan dari aktivitas pasar tersebut. 

Ditambahkan, pihak Dinas Lingkungan Hidup juga akan membantu menyiapkan 2 armada truk pengangkut sampah, karena saat ini hanya ada 1 armada yang beroperasi. 

"Kami juga jadwalkan piket pengangkutan sampahnya. Yang jadi kendala, (piket) pas hari libur dan Minggu," demikian Abai Saleh. 

Seperti diberitakan, keberadaan sampah di sekitar TPS Pasar Dampit menjadi keprihatinan pedagang dan masyarakat sekitar, karena sempat menumpuk hingga ke luar bangunan TPS dengan ukuran 7x10 meter persegi ini. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.