https://jatim.times.co.id/
Berita

Polisi Selidiki Kecelakaan Kerja di Malang, Satu Pekerja Meninggal Terjepit Mesin Bubut

Sabtu, 22 Juni 2024 - 20:26
Polisi Selidiki Kecelakaan Kerja di Malang, Satu Pekerja Meninggal Terjepit Mesin Bubut Tim Inafis Satreskrim Polres Malang dan Polsek Pakisaji saat evakuasi dan olah TKP kecelakaan kerja di sebuah bengkel mesin bubut di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Sabtu (22/6/2024). (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Kecelakaan tragis yang menyebabkan satu orang pekerja meninggal setelah terjepit mesin bubut, ditangani aparat Kepolisian Resor Malang. Polisi tengah menyelidiki dugaan kecelakaan kerja yang terjadi di bengkel mesin Jalan Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Sabtu (22/6/2024). 

Tim Inafis Satreskrim Polres Malang dan Polsek Pakisaji telah turun ke lokasi tewasnya pekerja tersebut, guna melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Iya, personel Inafis Satreskrim Polres Malang dan Polsek Pakisaji telah menangani peristiwa kecelakaan kerja di wilayah kecamatan Pakisaji," terang Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, mengonfirmasi kecelakaan maut tersebut, Sabtu (22/6/2024). 

Diungkapkan Dicka, korban naas tersebut adalah seorang pekerja pria berinisial ST (71), warga Dusun Tenggulunan, Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. 

Berdasarkan keterangan dari saksi-saksi, lanjutnya, kejadian bermula ketika ST, yang bekerja sebagai operator mesin bubut di CV Citra Manunggal, sedang melakukan aktivitasnya bersama pekerja lain pada Sabtu (22/6/2024) sekitar pukul 08.00 WIB. 

Kecelakaan-Kerja-2.jpg

Terungkap, ST saat itu sedang membuat peralatan mesin bor besar untuk digunakan sebagai alat pertanian pengolah tanah.

Namun, tiba-tiba terdengar teriakan ST dari dalam ruangan. Saksi yang mendengar segera masuk, dan mendapati ST telah terjepit mesin bubut.

Saksi segera mematikan mesin dan meminta bantuan karyawan lain. Namun, saat diperiksa, korban sudah meninggal dunia akibat tergilas mesin alat pertanian yang tengah dikerjakan. 

Polsek Pakisaji yang menerima laporan langsung melakukan olah TKP bersama tim Inafis Satreskrim Polres Malang. 

Dari hasil pemeriksaan, diketahui ST mengalami luka sayatan dan robek di bahu, leher, dan lengan kiri akibat mesin pengolah tanah tersebut.

 "Korban meninggal dunia di lokasi kejadian akibat tergilas mesin pertanian pengolah tanah," jelas Dicka.

Kecelakaan-Kerja-3.jpg

Lebih lanjut Dicka menyebutkan, segera setelah kejadian, korban dinyatakan meninggal di tempat sehingga tidak sempat mendapatkan penanganan medis. 

"Kepolisian telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dan mengumpulkan barang bukti di lokasi kejadian," imbuhnya. 

Sementara jasad korban langsung dibawa ke rumah sakit Saiful Anwar Kota Malang untuk diautopsi. 

Dicka mengatakan, pihaknya kini tengah menyelidiki insiden kecelakaan kerja ini untuk menentukan apakah terdapat unsur kelalaian yang mengakibatkan kecelakaan tersebut.

"Kami masih melakukan penyelidikan terkait kejadian ini, untuk menentukan ada tidaknya unsur tindak pidana berupa kelalaian yang mengakibatkan kecelakaan kerja," jelasnya. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.