https://jatim.times.co.id/
Berita

Targetkan 90 Persen Partisipasi Pemilih, KPU Magetan Masifkan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula

Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:29
Targetkan 90 Persen Partisipasi Pemilih, KPU Magetan Masifkan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula KPU Magetan saat melakukan kegiatan sosialisasi pemilih pemula di Akbid Magetan. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MAGETAN – Pemilih Pemula yang akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2024 diberikan pembekalan berupa sosialisasi pendidikan politik yang dilakukan oleh KPU Magetan di Poltekkes Kemenkes Surabaya Prodi Kebidanan (Akademi Kebidanan Magetan), Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (3/10/2024). 

Kegiatan dengan tema ‘Kami Pemilih MUDA Siap Mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2024’ dipaparkan langsung oleh Ketua KPU Magetan, Noviano Suyide dan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Magetan, Rhichy Kurnia Putra. 

Noviano mengatakan, sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula agar tidak apatis terhadap politik serta tidak golput dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 yang akan datang.

Akbid-Magetan.jpgPara mahasiswa Akbid saat antusias mendengarkan materi yang dipaparkan oleh KPU Magetan. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

“Sebelum memilih paslon mana yang akan dicoblos, cari tahu dulu bagaimana track record nya, selain itu juga lihat visi-misinya sehingga informasi cukup dan menjadi pemilih rasional,’’ ujarnya.

Di tempat yang sama Divisi, Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Magetan, Rhichy Kurnia Putra menjelaskan, adanya sosialisasi yang masif dilakukan bertujuan untuk mewujudkan target partisipasi masyarakat dalam pemilihan serentak.

“Target kami 82 persen, semoga di Pilkada besok Rabu 27 November 2024 angka itu naik jadi 90 persen. KPU Goest to Campus ini termasuk rangkain KPU Goes to school, kalau kemarin sudah di SMK 1 Sukomoro dan SMK 1 Kawedanan dan rangkaian ini masih berjalan di hari Jumat di SMA 2 Magetan,” tuturnya.

Rhichy menambahkan kendala yang dialami pemilih pemula itu rata - rata tidak paham apa yang mereka lakukan pada saat pemilu, serta pemilih pemula yang nantinya pada 27 November berusia 17 tahun dapat menggunakan hak pilihnya dengan syarat membawa KTP dan KK serta datang ke TPS masing-masing.

“Untuk mahasiswa yang berasal dari luar Magetan itu bisa mengurusi pindah pilih, waktu coblosan bisa mengurus pindah pilih di PPS Setempat di kabupaten asal dan form pindah pilihnya di bawa ke KPU Magetan,” jelasnya.

Sementara itu, kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula di Akademi Kebidanan Magetan dengan tema ‘Kami Pemilih MUDA Siap Mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2024’ diikuti sebanyak kurang lebih 100 mahasiswa, serta diwarnai dengan tanya jawab antara narasumber dan peserta. (*)

Pewarta : Aditya Candra
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.