https://jatim.times.co.id/
Berita

Kopi Osing, Bukti Nyata Dedikasi Polresta Banyuwangi pada Hak Anak dan Perempuan

Kamis, 03 Oktober 2024 - 16:13
Kopi Osing, Bukti Nyata Dedikasi Polresta Banyuwangi pada Hak Anak dan Perempuan Foto bersama jajaran Polresta Banyuwangi usai mendapat penghargaan Kapolda Jatim. (Foto : Humas Polresta Banyuwangi For TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Program inovatif Polresta Banyuwangi Konseling Psikologi (Kopi Osing), semakin membuktikan komitmennya dalam melindungi hak-hak anak dan perempuan untuk masyarakat Bumi Blambangan.

Melalui layanan konseling psikologis yang humanis, Kopi Osing juga memberikan dukungan yang sangat berarti bagi korban kekerasan dan trauma. Seperti layanan penanganan kasus kekerasan anak dan perempuan termasuk juga pendampingan secara hukum.

Program Kopi Osing merupakan inovasi yang digagas oleh oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Banyuwangi.

Adanya inovasi Kopi Osing telah menunjukkan hasil yang baik, yang mana program ini telah berhasil memberikan pendampingan pada kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang sempat viral dan menjadi atensi publik di Banyuwangi.

Dalam kasus ini, Polresta Banyuwangi tegak lurus memberikan pendampingan hukum dan konseling kepada ibu korban dan anak korban. Hingga korban berhasil melewati fase sulit dalam penyelesaian kasus tersebut.

Karena dedikasi, keberhasilan dari inovasi Kopi Osing, Polresta Banyuwangi diganjar penghargaan dari Polda Jatim pada Selasa 1 Oktober, saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Penghargaan diberikan langsung kepada Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono yang telah berhasil menggerakkan jajarannya dalam penyelesaian kasus atensi publik tersebut.

Diserahkan langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, penerimaan penghargaan prestisius tersebut diwakilkan kepada Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Dharmawan.

Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Kapolda Jatim kepada anggota Polresta Banyuwangi dalam capaian kinerja. 

"Penghargaan ini berkat kinerja anggota yang telah berhasil mengungkap kasus KDRT Viral serta kinerja lainnya yang telah dibuat oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Banyuwangi dalam Kopi Osing," katanya Kamis, (3/10/2024).

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras yang telah ditunjukkan oleh anggota dalam menjalankan tugas. Semoga ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh personel untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat," imbuh AKBP Dewa.

Diantara penerima penghargaan ada Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, Kompol Andrew Vega yang telah berhasil mengungkap kasus KDRT viral tersebut.

"Kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh anggota Polresta Banyuwangi sangat berarti bagi terciptanya suasana yang aman dan kondusif di daerah kita. Semoga prestasi ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi kita semua," cetus AKBP Dewa. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.