https://jatim.times.co.id/
Berita

KPU Kota Batu Pastikan Tiga Tepat Logistik Pemilu

Selasa, 15 Oktober 2024 - 08:38
KPU Kota Batu Pastikan Tiga Tepat Logistik Pemilu Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto memastikan akan melaksanakan tiga tepat untuk logistik pemilu yang akan dipergunakan dalam Pemilukada Kota Batu tahun 2024 ini. Yakni tepat jumlah, tepat jenis dan tepat waktu distribusi.

TIMES JATIM, BATU – Menjelang pelaksanaan Pilkada Kota Batu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu berkomitmen untuk memastikan distribusi logistik pemilu sesuai prinsip "tiga tepat" yaitu tepat jumlah, tepat jenis, dan tepat waktu.

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto, menegaskan langkah mitigasi sudah disiapkan guna menghindari kendala distribusi yang dapat mempengaruhi jalannya pemungutan suara pada 27 November 2024.

“Kami memastikan logistik kali ini tepat jumlah dan tepat jenis, serta didistribusikan tepat waktu. Persiapan sudah berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP),” ujar Heru.

Heru menekankan pentingnya pengemasan logistik yang aman dan efisien. KPU Kota Batu telah menerima hampir seluruh logistik kecuali surat suara, dan siap mengemasnya sesuai SOP.

Heru-Joko-Purwanto.jpg

Koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), juga telah dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan cuaca pada hari pemungutan suara.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG untuk memastikan prakiraan cuaca, sehingga kami dapat menyiapkan langkah antisipasi seperti penggunaan kendaraan tertutup untuk melindungi logistik pemilu yang sebagian besar berbahan kertas,” tambahnya.

Heru juga menjelaskan bahwa pada H-1, seluruh logistik harus sudah tiba di tempat pemungutan suara (TPS) dan tidak tertahan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), meskipun terjadi hujan.

Perbaikan Kualitas Logistik dan Aksesibilitas TPS

Dibandingkan pemilu sebelumnya, kualitas logistik tahun ini mengalami peningkatan, terutama dalam penggunaan plastik kemasan yang lebih tebal untuk melindungi kertas suara dan dokumen lainnya.

KPU juga sudah memetakan lokasi TPS yang rawan, aman, serta ramah bagi penyandang disabilitas. Hal ini dilakukan agar TPS mudah diakses oleh pemilih, penyelenggara, dan pengawas pemilu.

Bawaslu Kota Batu, melalui Kadiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Mardiono, turut menegaskan pentingnya "tiga tepat" dalam pengelolaan logistik pemilu.

Bawaslu berjanji akan terus melakukan pengawasan intensif agar proses distribusi berjalan lancar dan sesuai aturan.

Dengan berbagai upaya tersebut, KPU Kota Batu berharap Pilkada 2024 dapat terlaksana dengan sukses dan aman, sehingga mampu menghadirkan pemimpin baru yang berkualitas bagi warga Kota Batu. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.