https://jatim.times.co.id/
Gaya Hidup

Mengenang Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon yang Telah Tutup Usia  

Selasa, 15 Oktober 2024 - 01:34
Mengenang Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon yang Telah Tutup Usia   Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon

TIMES JATIM, JAKARTA – Pengisi suara utama Doraemon Nobuyo Oyama tutup usia. Media lokal menuliskan Nobuyo meninggal pada 29 September 2024 lalu karena faktor usia. 

Meski meninggal karena natural causes, namun sebelumnya ia pernah mengidap beberapa penyakit. Seperti kanker rektum pada 2001. Karena penyakitnya itu, ia pun memilih hiatus dari industri hiburan.

Lalu di tahun 2008 Nobuyo mengalami stroke dan berujung pada demensia hingga akhirnya memutuskan pensiun. 

Nobuyo Oyama merupakan aktris pengisi suara populer di bawah naungan Actors Seven. Bernama asli Nobuyo Yamashita, ia lahir di Shibuya pada tahun 1933. 

Nobuyo mengisi suara sebagai Doraemon sejak tahun 1979 hingga 2005. Sebagai artis pengisi suara, ia juga mengisi suara untuk kartun Jepang lainnya.   

Doraemon

Doraemon.jpg

Siapa tak kenal Doraemon, robot kucing berwarna biru yang dapat mengeluarkan apa saja dari kantung ajaibnya.

Doraemon merupakan manga yang dikarang oleh Fujiko F Fujio. Ia membuat Doraemon dengan pikiran yang sangat visioner. Di mana ia membuat karakter Doraemon dengan segala kecanggihannya di masa depan. 

Karakter Doreamon ini terinspirasi saat Fujio mendengar kucing yang berkelahi. Secara resmi manga Doraemon dirilis pada Desember 1969. Kemudian diangkat menjadi serial kartun pada 2 April 1979 yang diproduksi oleh Shin Ei Animation dan ditayangkan oleh TV Asahi. 


Doraemon-2.jpg

Doraemon menceritakan sebuah robot berbentuk kucing biru yang beradal dari abad 22. Ia ke masa ini untuk membantu Nobita. Seorang anak pemalas dan selalu menjadi korban perundungan oleh Suneo dan Giant kawannya.

Doraemon memiliki berbagai alat canggih yang tersimpan di kantung ajaibnya untuk membantu Nobita. Dikutip dari Japan Times, profesor di Universitas Toyama, Yasuyuki Yokohama, Doraemon memiliki 1.963 himitsu dogu atau alat rahasia.

Lalu dari mana nama Doraemon sendiri berasal? Straitstimes menuliskan, Doraemon lekat dengan tradisi Jepang. Dimana Dora adalah permainan kata-kata. Bisa juga berarti 'tersesat' yang konotasinya yang tidak diinginkan. 

Namun ada juga yang mengartikan, Doraemon berdasar dari makanan favoritnya dorayaki atau pancake Jepang yang berbentuk bulat. Nah wujud Doraemon juga bulat kan. 

Sedangkan Emon adalah sufiks kuno untuk menunjukkan wujud seorang laki-laki. Yups, secara gender Doraemon memang laki-laki ya. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.