https://jatim.times.co.id/
Berita

Pemprov Jatim Raih Peringkat Terbaik Kedua SDGs Action Awards 2024 

Senin, 07 Oktober 2024 - 21:15
Pemprov Jatim Raih Peringkat Terbaik Kedua SDGs Action Awards 2024  Pemprov Jatim meraih penghargaan Terbaik Kedua dalam ajang Indonesia's SDGs Action Awards Kategori Pemerintah Daerah Provinsi, Senin (7/10/2024). (FOTO: Dok.Humas Pemprov Jatim)

TIMES JATIM, SURABAYA – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Jawa Timur meraih penghargaan Terbaik Kedua dalam ajang bergengsi Indonesia's SDGs Action Awards Kategori Pemerintah Daerah Provinsi.

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas). 

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin kepada Kepala Bappeda Jatim Mohammad Yasin yang mewakili Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dalam acara pembukaan SDGs Annual Conference (SAC) 2024 di Jakarta, Senin (7/10/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Adhy Karyono mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya dalam mendukung pencapaian TPB/SDGs di Indonesia.

Jawa Timur, kata Pj Gubernur Adhy, layak mendapatkan gelar ini karena keberseiringan program daerah dengan tema yang diusung SAC 2024. Yakni 'Inovasi menuju Indonesia Emas: Keterkaitan Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan, dan Industri Hijau'.

"Untuk penilaian Indonesia's SDGs Action Awards 2024, Jawa Timur mengusung tema Bakti SMK di One Pesantren One Product (OPOP). Dengan berkonstribusi untuk SDGs pada goal 4 yaitu pendidikan berkualitas dan goal 8 yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

"Jadi memang apa yang kita lakukan selama ini telah sejalan dengan cita-cita SDGs. Alhamdulillah, saya pikir kita memang layak untuk mendapatkan gelar juara ini," imbuh Pj Gubernur Adhy. 

Bakti SMK di OPOP ini, terang Adhy, menyasar santriwan dan santriwati di sekitar SMKN tanpa memandang kelompok, gender, maupun usia.

Program ini juga melibatkan masyarakat di sekitar sekolah pondok pesantren yang ingin melakukan pelatihan dengan jumlah minimal 10 peserta per sekolah.

"Bakti SMK dalam OPOP ini sudah kita selenggarakan sejak 2020 dan sudah tersebar di berbagai sekolah di penjuru Jatim. Kita masifkan karena ini merupakan inisiatif yang  mengintegrasikan peran SMK dalam mendukung ekonomi pesantren melalui pengembangan produk inovatif," terangnya.

Program inovasi Jawa Timur ternyata unggul dalam memenuhi penilaian untuk mengarusutamakan nilai-nilai SDGs pada rencana kerja dan kinerja dari institusi/organisasi. Komponen penilaian tersebut antara lain best practice berupa inovasi, partisipasi/inklusivitas, manfaat, dan keberlanjutan.

"Untuk itu, saya mengapresiasi semua elemen yang terlibat sehingga kita bisa memenuhi komponen penilaian dengan cemerlang. Mulai dari Perangkat Daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota, hingga masyarakat umum. Terima kasih banyak telah membersamai kami memaksimalkan kemajuan Jawa Timur," pungkasnya.

Sebagai informasi, SAC 2024 berlangsung selama dua hari, Tanggal 7 hingga 8 Oktober 2024. Selain pemberian penghargaan kepada sejumlah institusi, acara juga diisi dengan konferensi yang mendiskusikan berbagai tema. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.