https://jatim.times.co.id/
Berita

KPU Jombang Blusukan ke Pasar, Sosialisasikan Pilkada 2024 ke Pedagang

Senin, 30 September 2024 - 13:41
KPU Jombang Blusukan ke Pasar, Sosialisasikan Pilkada 2024 ke Pedagang Sosialisasi Pilkada serentak yang digelar KPU Jombang di 21 Pasar Tradisional se-Kabupaten Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang (KPU Jombang) sosialiasi Pilkada 2024 ke masyarakat dengan menggelar Grebeg Pasar pada tanggal 29-30 September 2024.

Sejak pagi, tim dari KPU sudah berada di Pasar Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Senin (40/9/2024). Mereka membeber spanduk 'Grebeg Pasar Sosialisasi Pilkada Serentak 2024'. 

Kegiatan kemudian ke Pasar Mojoagung dan sejumlah pasar lainnya. Sedangkan hari pertama, tim blusukan ke Pasar Wonosalam, Bareng, serta Jogoroto. Total ada 21 pasar di seluruh Kabupaten Jombang.

Untuk mengundang massa, tim sosialisasi ini menyuguhkan hiburan gratis berupa organ tunggal lengkap dengan penyanyinya. Para pengunjung dan pedagang pasar menikmati sajian tersebut. Selanjutnya, para pengunjung diberikan kuis berhadiah menarik.

Semisal diberi pertanyaan tentang kapan pelaksanaan Pilkada serentak dan siapa saja paslon (pasangan calon) yang akan berlaga dalam momen lima tahunan tersebut. Walhasil, pengunjung dan pedagang pasar yang menjawab dengan benar mendapatkan hadiah menarik.

Bukan itu saja, para anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) yang hadir ikut membagikan selebaran kepada pengunjung. Isinya, mengingatkan kepada masyarakat bahwa pemungutan suara Pilkada dilakukan pada 27 November 2024.

Petugas KPU juga mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada 27 November 2024 guna mencoblos calon gubernur-wakil gubernur Jatim dan calon bupati-wakil bupati Jombang. 

KPU-Jombang-2.jpg

"Pilkada serentak dilaksanakan pada Rabu tanggal 27 November 2024," kata Siti (56), salah satu pedagang di Pasar Mojoduwur ketika menjawab pertanyaan dari tim sosialisasi.

Berbeda dengan Saiful (64), pengunjung Pasar Mojoagung. Saiful diberi pertanyaan tentang berapa jumlah pasangan calon yang bertarung di Pilgub Jatim dan berapa pasangan calon di Pilbup Jombang.

Saiful yang sudah lansia ini menjawab sekenanya aja. Untuk Pilgub Jatim ada lima calon, begitu juga dengan Pilbup Jombang. Tentu saja, panita dan pengunjung lainnya dibuat ger-geran dengan jawaban itu. Setelahnya, tim sosialisasi buru-buru meluruskan bahwa ada tiga pasln dalam Pilkada Jatim.

Rinciannya, nomor urut 1 Luluk Nurhamidah-Lukmanul Khakim, nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, dan nomor urut 3 Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans). Sedangkan Pilbup Jombang diikuti dua pasangan calon.

Mereka adalah, nomor urut 1 Mundjidah Wahab-Sumrambah, nomor urut 2 H Warsubi-KH Salmanudin Yazid (WarSa). Saiful pun mengangguk-angguk ketika mendapat penjelaskan tersebut. Terakhir, Saiful berjoget dan benyanyi. Semuanya diliputi kegembiraan menyambut Pilkada serentak 2024.

Ketua KPU Jombang Ahmad Udi Masjkur menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut dilakukan di 21 pasar se-Kabupaten Jombang. Tujuannya, untuk menyosialisasikan Pilkada serentak 27 November 2024. 

"Juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Grebek pasar ini kita lakukan selama dua hari, yakni Minggu dan Senin (29-30 Sepetember 2024). Kita juga sosialisasikan tiga paslon di Pilgub Jatim dan dua paslon di Pilbup Jombang," ujar Udi Masjkur. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.