https://jatim.times.co.id/
Berita

Pjs Bupati Pacitan Tegaskan Roda Pemerintahan dan Pelayanan Publik Berjalan Normal

Senin, 30 September 2024 - 14:26
Pjs Bupati Pacitan Tegaskan Roda Pemerintahan dan Pelayanan Publik Berjalan Normal Pjs Bupati Pacitan, Budi Sarwoto saat memimpin apel pada hari pertama kerja menegaskan bahwa roda pemerintahan dan pelayanan publik berjalan normal. (Foto: Prokopim Pacitan)

TIMES JATIM, PACITAN – Masuk hari pertama kerja sebagai Penjabat Sementara atau Pjs Bupati Pacitan, Budi Sarwoto memimpin apel kerja di halaman pendopo Kabupaten Pacitan, Senin (30/9/2024). 

Apel ini dihadiri oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pegawai di lingkup Kantor Bupati Pacitan.

Dalam arahannya, Budi menegaskan pentingnya kelancaran roda pemerintahan dan pelayanan publik selama masa transisi.

Sebagai pejabat sementara, Budi Sarwoto menyampaikan amanat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjaga stabilitas pemerintahan di Pacitan, yang dikenal sebagai Paradise of Java, selama Bupati dan Wakil Bupati definitif menjalani masa cuti.

Menurutnya, prioritas utama adalah memastikan bahwa pelayanan publik tidak terganggu atau terhenti.

"Saya mohon kepada OPD yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat untuk tetap melaksanakan tugas dengan maksimal, sebagaimana kerja yang telah dilakukan selama ini. Pastikan bahwa pelayanan masyarakat tetap berjalan optimal," ujarnya.

Selain itu, Pjs Bupati Pacitan juga mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang.

Dia pun menggarisbawahi bahwa ASN harus bersikap adil dan tidak terlibat dalam politik praktis.

"Netralitas ASN sangat penting. Kita harus menjaga agar Pilkada ini bisa berjalan lancar, aman, tertib, dan kondusif. Tugas kita adalah mengawal proses ini tanpa berpihak," kata Budi Sarwoto.

Lebih lanjut, Budi juga menyinggung tentang pentingnya menyelesaikan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025 tepat waktu.

Menurutnya, ini sangat penting agar ketika bupati terpilih nantinya mulai bertugas, tidak ada hambatan terkait anggaran. Dengan demikian, pemerintahan bisa langsung berjalan tanpa kendala birokrasi.

"Harapan saya, proses RAPBD 2025 bisa selesai tepat waktu, sehingga saat bupati definitif kembali menjabat, semua sudah tertata dengan baik dan roda pemerintahan bisa langsung dijalankan," tambahnya.

Setelah memimpin apel, Pjs Bupati Budi Sarwoto langsung menggelar pertemuan silaturahmi dengan sejumlah pejabat daerah. Pertemuan pertama dilakukan dengan Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, diikuti dengan Kapolres Pacitan dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya.

Silaturahmi ini diadakan untuk membahas koordinasi lebih lanjut dalam rangka memastikan kelancaran pemerintahan selama masa transisi.

Dengan penguatan ideologi dan komitmen terhadap netralitas ASN, Pjs Bupati Pacitan, Budi Sarwoto berupaya agar Pacitan tetap kondusif, baik dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.