https://jatim.times.co.id/
Berita

Paslon GUS Prioritaskan Guru Honorer dan Beasiswa Anak Petani-Nelayan di Kabupaten Malang

Minggu, 27 Oktober 2024 - 20:44
Paslon GUS Prioritaskan Guru Honorer dan Beasiswa Anak Petani-Nelayan di Kabupaten Malang Calon Bupati Malang nomor urut 2, Gunawan HS, saat menjawab pertanyaan wartawan (FOTO: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Meningkatnya kesejahteraan guru honorer di Kabupaten Malang bukan sekadar mimpi dan janji belaka. Pasalnya Calon Bupati dan Wakil Bupati nomer urut 2, Gunawan HS-Umar Usman (GUS) berjanji bakal mewujudkan harapan ini apabila keduanya memimpin Kabupaten Malang. 

"Guru honorer harus diprioritaskan dari segala aspek. Utamanya, berkenaan dengan kesejahteraan yang selama ini masih kurang mendapatkan perhatian. Selama ini, Saya dapat laporan, guru honorer hanya dijanjikan kenaikan sampai Rp 2 juta," kata Cabup Malang Gunawan HS, Minggu (27/10/2024). 

menjawab-pertanyaan-wartawan.jpgPengalungan tasbih oleh KH Fuad Nurhasan Bin Nawawi, pengasuh Pesantren Sidogiri Pasuruan, kepada Paslon GUS (Gunawan-Umar Usman), dalam kesempatan acara di Pondok Pesantren Babussalam Banjarejo Pagelaran, Kabupaten Malang, Minggu (27/10/2024). (FOTO: Amin/TIMES Indonesia) 

Dikatakan, kesejahteraan guru menjadi salah satu perhatiannya, mengingat kualitas guru merupakan bagian dari layanan pendidikan. Sayangnya, kesejahteraan guru masih jauh dari harapan, khususnya guru honorer yang jumlahnya sangat besar dan tersebar di seluruh penjuru Kabupaten Malang. 

"Tugas mereka ini kan sangat berat. Saya kira selama ini pemerintah daerah belum cukup memberikan perhatian kepada mereka-mereka ini," tandas Abah Gun, sapaan karib Gunawan. 

Menurut Abah Gun, pentingnya memastikan kesejahteraan guru untuk mendukung kualitas layanan pendidikan. Pasalnya, kesejahteraan guru honorer yang kurang, akan berdampak negatif pada motivasi dan kualitas pengajaran.

"Jika kesejahteraan guru saja masih minim, bagaimana mereka bisa mengajar dengan tenang, tatkala utang membebani dan keperluan rumah tangga belum terpenuhi," tandasnya.

Bukan hanya itu, melalui program Pintar Gemilang, Paslon GUS berkomitmen memberi fasilitas pendidikan gratis untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

"Kita akan berikan 1000 beasiswa sarjana untuk santri, kemudian 1000 beasiswa sarjana untuk anak buruh, tani dan nelayan," janji Abah Gun.

Abah Gun berharap, jika dirinya dipercaya masyarakat memimpin Kabupaten Malang periode mendatang, tidak ada lagi praktik pungutan dalam bentuk apapun di sekolah-sekolah di Kabupaten Malang.

"Semoga saja tidak ada lagi iuran di sekolah berkedok sumbangan. Karena selama ini, Saya masih banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait masalah itu," ungkapnya.

Didapuk Pejuang Santri dan Pesantren

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomer urut 2, Gunawan HS-Umar Usman (GUS), mendapatkan kepercayaan berharga, dengan didapuk sebagai pejuang santri dan pondok pesantren Kabupaten Malang.

Kepercayaan ini ditandai pengalungan tasbih oleh KH Fuad Nurhasan Bin Nawawi, pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, dalam kesempatan kunjungan Paslon GUS di Pondok Pesantren Babussalam Banjarejo Pagelaran, Kabupaten Malang, Minggu (27/10/2024). 

Dalam kegiatan Refleksi Hari Santri Nasional di Pesantren Babussalam tersebut, hadir pula Gus Tantowi Siroj Sidogiri, Gus Abdullah Siroj Sidogiri, Ra Karror, cucu dari Syaikhona Kholil Bangkalan.

Dalam kesempatan yang sama, kiai Fuad juga memberikan tanda kehormatan dengan mengalungkan sorban kepada inisiator Hari Santri Nasional, KH Thoriq Bin Ziyad.

"Kepercayaan yang diberikan kiai Fuad ini menjadi tanda, bahwa Paslon GUS begitu dekat dengan kiai, ulama, tokoh agama, pondok pesantren dan santri. Tentunya ini sebuah kehormatan bagi Abah Gun dan dokter Umar, yang didapuknsebagai pejuang santri dan pondok pesantren," terang juru bicara Tim Pemenangan GUS, Ony Risdian. 

Menurut Ony, kepercayaan yang diberikan kiai Fuad dari Sidogiri ini menjadi suntikan moril tersendiri bagi Abah Gun dan dokter Umar. Ony pun meyakini barisan santri, utamanya alumni Sidogiri di Kabupaten Malang, akan ikut memenangkan Paslon GUS.

"Alhamdulillah, tentunya kita patut bersyukur, ini akan menjadi tambahan dukungan dari para santri untuk Abah Gun dan dokter Umar. Semoga perjuangan kami untuk para santri dan pesantren akan mendapat ridla Allah SWT," ungkapnya. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.