https://jatim.times.co.id/
Berita

Berantas Pengangguran, Warsubi-Salman Bakal Cetak 1 Wirausaha Tiap 1 Dusun

Minggu, 20 Oktober 2024 - 07:20
Berantas Pengangguran, Warsubi-Salman Bakal Cetak 1 Wirausaha Tiap 1 Dusun Warsubi-Salman Paslon Pilkada Jombang nomor urut 2 foto bersama para pendukungnya usai debat publik perdana di Hotel Yusro Jombang, Sabtu (19/10/2024). (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Berbekal pengalaman pribadi sebagai seorang perintih usaha. H. Warsubi Calon Bupati Jombang bakal cetak 1 wirausaha tiap 1 dusun. Hal tersebut bakal diterapkan dalam program kerja awal masa jabatan Paslon Warsubi-Salman jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jombang pada Pilkada Jombang 2024 ini.

Warsubi mengatakan, konsep kewirausahaan desa menjadi inisiasi untuk menggerakkan perekonomian suatu wilayah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengakselerasi perekonomian pedesaaan yang selama ini dianggap lambat dan tertinggal dari perkotaan.

"Penataan ekonomi pedesaan penting untuk segera dilakukan melalui pengembangan sumber daya desa secara optimal. Pemanfaatan potensi tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan kondisi dan kebutuhan masyarakat guna mencapai kesejahteraan yang merata untuk semua," ungkapnya.

Warsubi menambahkan, peran lembaga ekonomi desa seperti UMKM, koperasi, hingga BUMDes penting untuk aktif terlibat. Mereka dapat membantu membentuk strategi pemasaran bersama hasil produk dan jasa dari masyarakat. 

"Nanti juga akan ada pelibatan lembaga lain seperti perguruan tinggi, perbankan, hingga kerjasama program Corporate Sosial Responsibility (CSR), diharapkan dapat menjadi mediator dan pendamping kelompok usaha kecil dalam mengembangkan produk barang atau jasa yang memiliki daya saing," tambahnya.

Mereka, kata dia, juga dapat mengedukasi masyarakat untuk dapat mengelola keuangan usaha yang baik. Hal ini penting, mengingat selama ini persoalan yang dihadapi usaha mikro dan kecil adalah ketidakmampuan mengatur keuangan usaha. 

"Kita bantu wirausaha-wirausaha dari dusun hingga desa untuk mendapat fasilitas Perbankan sendiri sebagai lembaga keuangan profesional sehingga dapat membantu menyalurkan kredit usaha rakyat," jelasnya.

Dengan begitu, lanjut dia, persoalan pengangguran atau kemiskinan tidak akan menjadi persoalan lagi. Sebab, tenaga kerja yang diserap akan terus membesar. Pertumbuhan ekonomi juga makin tinggi. Tidak menutup kemungkinan, Jombang juga akan menjadi jujugan bagi para pencari kerja dari Kabupaten lain.(*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.