https://jatim.times.co.id/
Berita

Yamaha NMAX Turbo, Skutik Canggih dengan Performa Dahsyat dan Fitur Modern

Senin, 24 Juni 2024 - 18:27
Yamaha NMAX Turbo, Skutik Canggih dengan Performa Dahsyat dan Fitur Modern Pecinta otomotif menyerbu Yamaha NMAX Turbo untuk melihat keunggulan serta kelebihannya. (Foto: Yamaha STSJ for TIMES Indonesia). Foto B. Tampilan skutik premium MAXi Yamaha NMAX Turbo. (Foto: Yamaha STSJ for TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Bagi kalian yang menginginkan sepeda motor matik, dengan berbagai teknologi mutakhir dan memiliki performa dahsyat serta fitur modern. Yamaha NMAX Turbo adalah salah satu motor rekomendasi yang patut kalian miliki.

Ya. Perusahaan motor terkemuka di Indonesia yakni PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) meluncurkan motor matik Yamaha NMAX Turbo. Sejak pertama kali diluncurkan, pada Rabu (12/6/2024) skuter matik (skutik) MAXi Yamaha NMAX Turbo menarik para pecinta otomotif di tanah air. 

Desainnya yang mewah, teknologi canggih dan performa luar bisa menjadi magnet penasaran masyarakat yang ingin lebih tau detail performa dan keunggulan Yamaha NMAX Turbo. Adapun kelebihan Yamaha NMAX Turbo adalah sebagai berikut:

NMAX-Turbo-B.jpg

1. Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)

Perbedaan yang paling menonjol pada mesin NMAX Turbo adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, dimana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. 

YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi 2 tahun dan memiliki fungsi sebagai berikut:

- Transmission Control Unit (TCU): Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)

- ECVT Motor: menggerakan Pulley Primary

- Sensor Motor Position (Primary): Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)

-Speed Sensor (Secondary): Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU

Sementara untuk kompenen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun. 

Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang 48.7mm serta lebih keras 163 N pada area CVT NMAX “TURBO” sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.

Dengan penambahan teknologi YECVT pada meisn NMAX “TURBO” membuat skutik ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi, yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3).

2. Body Cylinder

Selain adanya YECVT, mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada NMAX Turbo kini juga memiliki dinding Cylinder yang dibuat sehalus mungkin (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalisir gesekan dan megurangi ‘oil loss’. Efeknya suara mesin pun menjadi lebih halus dan minim vibrasi 

3. Crankshaft & Rotor Assy

Perubahan lain pada mesin NMAX Turbo juga terdapat pada dimensi Crankshaft secara total yang kini menjadi lebih panjang, yaitu 301,4mm berbanding 283,8mm dengan NMAX generasi sebelumnya. Perubahan ukuran tersebut terjadi untuk mengakomodir komponen baru yaitu YECVT Gear yang terpasang di area CVT motor. 

Selain Crankshaft, Rotor Assy motor juga kini menjadi lebih compact baik dari segi dimensi total yang kini berukuran 43,75mm (NMAX sebelumnya 44,2mm) maupun juga bobot yang kini menjadi 1.130 gr (NMAX sebelumnya 1.250 gr). Adanya efisiensi pada bagian rotor assy pun mampu mengurangi beban mesin sehingga berimbas positif kepada torsi yang naik.

4. Camshaft

Bagian Camshaft pada NMAX Turbo juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika pada generasi NMAX sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.

5. Hydraulic Tensioner

Salah satu perubahan pada mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang dipakai oleh NMAX Turbo ada pada bagian tensioner. Jika pada mesin generasi sebelumnya gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan dengan mengkombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner. Penggunaan Hydraulic Tensioner, membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus saat beroperasi.

6. Jalur Oli Baru

Salah satu perubahan signifikan pada mesin NMAX Turbo adalah jalur oli baru. Pada mesin NMAX sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja, namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya.

Assistant General Manager Sales PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Hendri Kartono mengucapkan terimakasih kepada tingginya konsumen. Pasalnya di hari pertama Yamaha NMAX Turbo pada 12 Juli 2024 lalu, terjual 1.000 unit dalam waktu 40 menit.

Melihat antusiasme yang tinggi, Yamaha membuka pre order online melalui e commerce Blibli.com dengan diskon hingga 2 juta rupiah dan cicilan 0 persen sampai 24 bulan. Promo tersebut dibuka dengan target 5000 unit sampai 30 Juni 2024.

“Ayo segera lakukan pre order online karena saat ini masih dibuka kesempatan untuk memiliki NMAX generasi teranyar bagi yang belum mendapatkan. Kami mengadakan program ini sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen yang besar ketertarikannya terhadap produk istimewa ini,” kata Hendri, Senin, (6/24/2024).

Sebagai informasi, Yamaha NMAX Turbo dijual meliputi beberapa tipe diantaranya NMAX NEO, NMAX NEO S Version, NMAX Turbo, NMAX turbo TECHMAX dan NMAX Turbo TECHMAX ULTIMATE. (*)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.