https://jatim.times.co.id/
Berita

Tambang Emas PT BSI Sabet Penghargaan Good Mining Practice Award 2024

Senin, 30 September 2024 - 15:44
Tambang Emas PT BSI Sabet Penghargaan Good Mining Practice Award 2024 Presiden Direktur PT BSI Adi Adriansyah Sjoekri, saat menerima penghargaan Good Mining Practice (GMP) Award 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – PT Bumi Suksesindo (PT BSI), kembali menyabet penghargaan bergengsi sektor pertambangan. Anak Perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG), kali ini memboyong penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dalam ajang Good Mining Practice (GMP) Award 2024, Rabu, 25 September 2024.

Tambang emas di gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, tersebut dinobatkan sebagai Perusahaan tambang dengan pengelolaan lingkungan terbaik nasional.

Untuk diketahui, PT BSI, merupakan pemilik izin usaha pertambangan operasi produksi yang beroperasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, sejak 2012 lalu.

Presiden Direktur PT BSI Adi Adriansyah Sjoekri menyebut, penghargaan ini sekali lagi menunjukkan kepada publik mengenai keseriusan Perusahaan dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik atau Good Mining Practices (GMP) dalam operasinya di Banyuwangi.

“Sebagai bagian dari PT Merdeka Copper Gold Tbk, PT BSI terus berupaya mengelola tambang dengan standar kepatuhan yang tinggi agar bisa memberi sumbangsih yang optimal bagi para pemangku kepentingan,” ujarnya bangga, Senin (30/9/2024).

Kebanggaan Adi Sjoekri tidak berhenti di situ saja, lantaran selain di bidang pengelolaan lingkungan, PT BSI juga meraih penghargaan-penghargaan lain dalam ajang GMP Awards tahun ini.

Menurutnya prestasi yang diraih akan memotivasi PT BSI untuk terus meningkatkan pengelolaan pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

“Alhamdulillah, kita berhasil meraih empat penghargaan sekaligus,” ucapnya sumringah.

Keempat penghargaan yang diperoleh PT BSI dalam ajang GMP Awards 2024, yaitu Utama untuk kategori pengelolaan teknis pertambangan mineral dan Batubara.

Pratama untuk kategori pengelolaan keselamatan pertambangan mineral dan batubara. Dan Aditama sekaligus Terbaik untuk kategori pengelolaan lingkungan hidup pertambangan mineral dan batubara.

Adi menambahkan, untuk mendukung pegelolaan lingkungan yang baik di area operasi PT BSI, selama ini pihaknya telah menjalankan beberapa program lingkungan penting yaitu pemantauan kualitas lingkungan yang meliputi air, tanah dan udara, rehabilitasi lahan dan penaatan terhadap peraturan. Hasil kegiatan tersebut selalu dilaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang.

Sebagaimana disebutkan dalam siaran pers Kementerian ESDM (26/9/2024), penghargaan Good Mining Practice (GMP) Award 2024 ini telah dua kali diselenggarakan oleh Kementerian ESDM sejak tahun 2020.

Selain itu, penghargaan lain yang telah lama diberikan meliputi Pengelolaan Keselamatan Pertambangan yang dimulai sejak 1992, Pengelolaan Lingkungan Hidup sejak 2004, Pengelolaan Usaha Jasa Pertambangan sejak 2018, serta Pengelolaan Teknis dan Konservasi Mineral dan Batubara yang dimulai pada 2020.

Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap prestasi badan usaha dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik. Serta memotivasi badan usaha untuk terus mencapai prestasi dalam pengelolaan teknis, keselamatan, lingkungan hidup, konservasi dan usaha jasa pertambangan. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.