https://jatim.times.co.id/
Wisata

Terminal Seruni Point Diujicobakan, Pemkab Probolinggo Berharap Segera Dibuka

Rabu, 26 Juni 2024 - 18:25
Terminal Seruni Point Diujicobakan, Pemkab Probolinggo Berharap Segera Dibuka Pj Bupati bersama Tokoh tengger saat melihat dan ikut uji coba terminal seruni point. (FOTO: Camat Sukapura, Saiful for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGOTerminal Seruni Point yang berdekatan dengan jembatan kaca di Kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, mulai diujicobakan pada Jumat (21/6/2024).

Uji coba ini akan berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berharap terminal ini segera dibuka secara resmi.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Probolinggo, Heri Wahyudi, menjelaskan, uji coba ini bertepatan dengan pengukuhan warga Tengger pada perayaan Yadnya Kasada, Jumat lalu.

"Yang kami aktifkan adalah rest area atau terminal Seruni Point," tegas Yudi saat dihubungi TIMES Indonesia, Rabu (26/6/2024) siang.

Pengukuhan warga kehormatan dilakukan pada siang hari kali ini, berbeda dari perayaan Yadnya Kasada sebelumnya yang biasanya dilakukan pada malam hari menjelang puncak acara.

Hal itu dikarenakan agenda percobaan dan uji coba untuk terminal Seruni Point.

Karena masih dalam tahap uji coba, Pemkab Probolinggo belum bisa menarik retribusi dari pengunjung yang datang dan menikmati fasilitas tersebut.

"Sebelum serah terima aset, Pemkab Pronolinggo tidak bisa menarik retribusi apapun untuk PAD di tempat tersebut," ujar Yudi.

Terkait kapan terminal ini akan dibuka secara resmi, Yudi menuturkan, belum ada informasi lanjutan.

Pembukaan terminal ini nantinya akan dibarengkan dengan pembukaan jembatan kaca yang akan dikelola oleh BB TNBTS.

Hal serupa diungkapkan oleh Camat Sukapura, Saiful Hidayat. Menurutnya, meskipun belum ada kepastian terkait pembukaan resmi, ia berharap agar destinasi baru tersebut segera dibuka. 

"Kami berharap segera dibuka, sehingga wilayah sekitar juga mendapatkan dampak positif, seperti adanya UMKM yang dikelola oleh warga sekitar," tandas Saiful. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.