https://jatim.times.co.id/
Berita

Malang Rasa Klasik di Kodim 0818/Malang-Batu, Meriahkan Budaya Lokal dan Bantu Warga

Sabtu, 29 Juni 2024 - 18:07
Malang Rasa Klasik di Kodim 0818/Malang-Batu, Meriahkan Budaya Lokal dan Bantu Warga Komandan Kodim 0818/Malang-Batu Letkol Inf Yuda Sancoyo, MHan, saat memberangkatkan peserta gowes Malang Rasa Klasik (Markas), di halaman Kodim 0818/Malang-Batu, Sabtu (29/6/2024). (FOTO: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Acara bertajuk Malang Rasa Klasik (Markas) digelar meriah di halaman Kodim 0818/Malang-Batu, Sabtu (29/6/2024). Acara ini menghadirkan kemeriahan sarat kearifan lokal dan kegiatan kepedulian sosial. 

Gelaran Markas Kodim 0818/Malang-Batu ini dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, serta masyarakat umum dan komunitas sepeda Ontel Kepanjen. 

Dikemas sedemikian rupa, acara inipun menjadi wadah bagi masyarakat untuk bernostalgia dengan budaya tempo dulu dan merasakan semangat gotong royong melalui berbagai kegiatan sosial yang diselenggarakan. 

Dandim 0818/Malang-Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo, M.Han, membuka langsung acara ini dengan ditandai pemberangkatan peserta gowes. Berbagai kegiatan menarik mewarnai Malang Rasa Klasik ini, seperti permainan tradisional, pameran barang antik, serta pameran UMKM dari berbagai produk unggulan dari Koramil Jajaran.

Sedangkan, kegiatan sosial yang digelar berupa kegiatan khitanan masal, pasar murah, pemeriksaan kesehatan gatis, donor darah, dan minum susu gratis. 

Kemeriahan acara semakin terasa dengan penampilan berbagai hiburan, seperti musik tradisional dan tari Sakera. Bersamaan dengan itu, pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner khas Malang yang dijajakan di stan-stan makanan.

Dandim 0818 Letkol Inf Yuda Sancoyo, MHan, mengungkapkan, acara Malang Rasa Klasik merupakan hasil kerja sama Kodim 0818/Malang-Batu dengan berbagai stakeholder terkait, serta masyarakat. 

"Kolaborasi ini menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang tinggi dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat," kata Yuda.

Dandim juga menyampaikan harapannya, agar kegiatan ini dapat menjadi sarana pelestarian budaya dan mempererat tali persaudaraan semua masyarakat. Pihaknya juga ingin menjadikan Kodim 0818/Malang-Batu menjadi Rumah Rakyat, dimana semua masyarakat bisa datang ke Kodim dalam mengadu tentang kesulitan yang didapatinya.

"Melalui Malang Rasa Klasik ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk mengenang kembali budaya tempo dulu dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Kegiatan ini juga menjadi wujud kepedulian sosial Kodim 0818/Malang-Batu pada masyarakat serta menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan rakyat." ujar Dandim 0818.

Terselenggaranya kegiatan ini, kata Dandim, diharapkan warga masyarakat bisa lebih dekat dengan TNI, dimana TNI adalah milik rakyat dan untuk rakyat. Karena, TNI akan selalu hadir dan akan menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Khitanan masal yang diadakan dalam rangkaian acara ini sangat menarik perhatian banyak warga. Lebih dari 100 anak mengikuti khitanan masal yang dilaksanakan dengan bantuan tim medis profesional. Sementara itu, pasar murah menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, juga disambut antusias masyarakat sekitar dalam acara bertajuk Malang Rasa Klasik ini. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.