https://jatim.times.co.id/
Berita

Tali Kafan Jenazah Dicuri, Polisi Selidiki Pembongkaran Makam di Banyuwangi

Sabtu, 29 Juni 2024 - 17:44
Tali Kafan Jenazah Dicuri, Polisi Selidiki Pembongkaran Makam di Banyuwangi Polisi saat menyelediki pembongkaran makan oleh orang tak dikenal di TPU Dusun Krajan, Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Kejadian mengejutkan terjadi di TPU Dusun Krajan, Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. Makam seorang perempuan yang bernama Eka Duwi F (43 tahun) ditemukan terbongkar pada Sabtu, (29/6/2024). 

Kapolsek Cluring AKP Abdul Rohman membenarkan kejadian tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan. 

"Kami langsung mendatangi lokasi kejadian setelah mendapat laporan dari warga," kata Abdul Rohman. 

Menurut keterangan warga, lanjut dia, makam tersebut diketahui terbongkar sekitar pukul 07.30 WIB. Saat ditemukan, kondisi makam sudah dalam keadaan bekas galian dan kafan yang menutupi jasad dalam keadaan terbuka.

"Di lokasi telah ditemukan makam bekas digali. Selain itu, ada dua tali pengikat kain kafan jenazah yang hilang," ungkapnya.

Eka Duwi F meninggal dan dikebumikan sepekan lalu atau tepatnya pada Minggu (23/6/2024), karena sakit. Polisi menduga pembongkaran makam ini terkait dengan ritual ilmu gaib.

"Tidak menutup kemungkinan pembongkaran makam dilakukan untuk syarat ritual ilmu gaib," ujarnya.

Kasus pembongkaran makam dengan tujuan ritual gaib memang beberapa kali terjadi di Banyuwangi. Hal ini mendorong Polsek Cluring untuk meningkatkan giat kamtibmas.

"Perlu sambang kepada warga dari para Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan himbauan menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing,” imbuhnya. 

Sebagai informasi, pada Sabtu (29/6/2024), sekitar pukul 11.00 WIB, makam almarhumah ED di TPU Dusun Krajan, Desa Plampangrejo, Banyuwangi, telah dirapikan kembali oleh pihak keluarga dan warga setempat. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.