Wisata

Thalita Cafe, Sajikan Harmoni Antara Kelezatan Dan Nuansa Tradisional Banyuwangi

Selasa, 30 Mei 2023 - 06:22
Thalita Cafe, Sajikan Harmoni Antara Kelezatan Dan Nuansa Tradisional Banyuwangi Owner Thalita Cafe Banyuwangi,  Anita Ayu Mustika Ratri, sedang berfoto menikmati suasana persawahan berlatarkan Thalita Cafe yang berkonsep tradisional. (FOTO: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Kelezatan kuliner dengan rasa yang otentik menyatu dalam satu harmoni bersama nuansa vintage tradisional. Hembusan angin semilir dari persawahan yang bersanding dengan rumah makan, inilah Thalita Cafe, Desa Kemiren, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Menghadirkan tempat yang cozy, Thalita Cafe yang didominasi oleh bangunan bambu memiliki 3 bagian ruang makan.

Pada ruang makan utama terdapat deretan meja makan serta panggung kesenian atau panggung live musik yang sering menjadi tempat karaoke pengunjung. Eits! Tenang saja, para pengunjung bisa request lagu untuk karaoke secara gratis sepuasnya. Bukan hanya itu, bagi pecinta kopi ruang makan utama juga memiliki outdoor space dan bar kecil untuk tempat nyantai sembari mencicipi kopi khas Kemiren.

Ingin merasakan dua konsep dalam satu bangunan? Ruang makan kedua adalah jawabannya. Memiliki dua lantai, bagian bawah terdapat outdoor space yang menghadap rumah adat Osing Tikel Balung. Sedangkan pada bagian atas difungsikan sebagai tempat makan dengan view hamparan persawahan.

Uniknya adalah ruang makan kedua di Thalita Cafe ini terdapat replika pawon (dapur) Osing lengkap dengan luweng (tungku masak di tanah) yang dinamai Shinta Raja. Hal itu membuat kesan vintage budaya Osing lebih terasa kental di cafe yang resmi opening pada 14 Februari 2022.

Sisi terkahir dari cafe ini atau bagian ketiga Thalita Cafe, yaitu rumah Paglak. Sayangnya tempat tersebut tidak difungsikan secara umum. Pengunjung yang ingin menempati rumah paglak ini harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Sebab bagian ini lebih privasi dan cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau sahabat  sehingga lebih nyaman dan hangat untuk bersua. Hey, jangan lupa foto-foto ya di sini. Sangat disayangkan bila tempat estetik ini tidak dijadikan sebuah kenang-kenangan.

Selain nuansa sawah dan konsep tradisional Osing-nya yang diusung kuliner yang dihidangkan juga sangat mendukung. Mulai dari kudapan tradisional hingga hidangan western food juga tersedia di Thalita Cafe.

Owner dari Thalita Cafe Kemiren, Anita Ayu Mustika Ratri, melalui adminnya Sulham Wahono, menjelaskan, untuk hidangan kuliner yang paling laris dan banyak diburu para penikmat kuliner yakni ayam 3 rasa dengan bumbu madunya dan Iga Bakar Hot Plate.

"Untuk harga masih terjangkau, Mulai dari Rp15rb sampai Rp70rb. Disini kudapan ringan seperti kucur Gula Aren dan Tahu Walik juga masih menjadi idola," ujar, Sulham, Senin (29/5/2023).

Suasana dan fasilitas yang mendukung, hidangan kuliner beragam serta bisa menampung kurang lebih 100 orang pengunjung, rasanya Thalita Cafe ini cocok dijadikan rekomendasi tempat prewedd, meeting maupun party.

Jika kalian ingin mencicipi suasana dan kulineran dengan suasana yang vintage pedesaan nan estetik, Thalita Cafe bisa menjadi tempat nongkrong yang asik dan nyaman. Thalita Cafe buka mulai dari pukul 08.00 hingga 00.00 WIB, jadi kalian bisa banyak menghabiskan waktu di sana.

Untuk reservasi tempat atau acara di Thalita Cafe, bisa langsung DM Instagramnya di @Cafe_Thalita. Coba rasakan sensasi harmoni antara  kelezatan kuliner dan suasananya vintagenya. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.