https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Pelajar di Kota Mojokerto Berhasil Konversi Mesin BBM Menjadi Listrik

Selasa, 02 Juli 2024 - 22:05
Pelajar di Kota Mojokerto Berhasil Konversi Mesin BBM Menjadi Listrik Agenda peluncuran kendaraan konversi di SMKN Tamansiswa Kota Mojokerto, Wates Kecamatan Magersari, Selasa (2/7/2024). (Foto: Dok. Kominfo Kota Mojokerto)

TIMES JATIM, MOJOKERTO – Siswa SMKN Tamansiswa Kota Mojokerto berhasil mengkonversi mesin kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik. Hal tersebut terungkap dalam agenda peluncuran kendaraan konversi dengan mengusung tema “Konversi Mobil dan Sepeda Motor Listrik, Langkah Tamansiswa Menjaga Bumi Majapahit” digelar di SMKN Tamansiswa Kota Mojokerto, Wates Kecamatan Magersari, Selasa (2/7/2024).

Pada kesempatan tersebut, SMKN Tamansiswa memperkenalkan sejumlah jenis kendaraan yang berhasil dikonversi menjadi bertenaga listrik. Antara lain yaitu, mobil listrik, viar listrik, dan motor listrik.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mojokerto Ruby Hartoyo menghadiri agenda tersebut mewakili Pj Wali Kota Moh Ali Kuncoro. Ruby mengungkapkan jika pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan para siswa dan tenaga pendidik SMKN Tamansiswa.

“Ini (konversi) menjadi salah satu solusi yang efektif dalam mengurangi polusi udara dan mendukung terciptanya lingkungan yang lebih sehat,” ujarnya membacakan sambutan Pj Wali Kota, Moh. Ali Kuncoro, Selasa (2/7/2024).

Sebagaimana diketahui, belakangan polusi udara yang diakibatkan dari hasil pembakaran bahan bakar fosil yang dipakai kendaraan bermotor semakin mengkhawatirkan. Gas residu hasil proses pembakaran tersebut berkontribusi dalam meningkatnya pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim.

Selain itu, polusi udara berdampak langsung pada penurunan kualitas udara di sekitar masyarakat. Sehingga, makin marak kasus gangguan kesehatan berupa Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang diderita masyarakat, terutama di kota-kota besar.

“Ini adalah langkah nyata dalam mendukung program pemerintah pusat maupun agenda global untuk mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” tambah sosok yang juga Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Proyek ini berjalan dibawah binaan Ki Prof. Drs. Pardimin, M.Pd., Ph.D yang juga Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Serta bekerjasama dengan PT. Brajakara Teknologi Media yang merupakan industri yang menaungi langsung IMEV (Indo Motor Electric Vehicle).

Kolaborasi in tentu saja menjadi suatu terobosan bagi SMK Tamansiswa untuk dapat berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi bidang konversi motor dan mobil listrik, sekaligus mendukung percepatan program pemerintah dalam bidang tersebut. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.