https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Sebanyak 30 Sekolah Laboratorium Pancasila Diluncurkan di Festival Harmoni Budaya Nusantara 2024

Jumat, 06 September 2024 - 22:53
Sebanyak 30 Sekolah Laboratorium Pancasila Diluncurkan di Festival Harmoni Budaya Nusantara 2024 Pj Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun bersama Woro Srihastuti Sulistyaningrum saat berada di lokasi Festival Harmoni Budaya Nusantara di Taman Penyembolun Jumat (6/9/2024 (Foto: ANTARA)

TIMES JATIM, PENAJAM PASER UTARA – Sebanyak 30 Sekolah Laboratorium Pancasila resmi diluncurkan dalam rangka Festival Harmoni Budaya Nusantara 2024 yang berlangsung di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Inisiatif ini bertujuan untuk mencegah penurunan moral di kalangan generasi muda dan mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Kami apresiasi 30 sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara jadi percontohan Sekolah Laboratorium Pancasila," ungkap Woro Srihastuti Sulistyaningrum, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), di Penajam, Jumat (6/5/2024).

Program Sekolah Laboratorium Pancasila ini mencakup 30 sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Penajam Paser Utara. Penerapan program ini merupakan langkah strategis untuk menyiapkan SDM yang berkualitas, mengingat daerah ini merupakan mitra Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia.

Woro Srihastuti Sulistyaningrum menambahkan bahwa peluncuran ini dilakukan berbarengan dengan Festival Harmoni Budaya Nusantara di Taman Penyembolun, depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan potensi yang dimilikinya, diharapkan dapat berkembang seiring dengan kemajuan Kota Nusantara.

Festival Harmoni Budaya Nusantara dirancang untuk memperkuat ketahanan budaya dan identitas nasional melalui semangat revolusi mental. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Nusantara, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman budaya.

Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun, menyatakan dukungannya terhadap program Sekolah Laboratorium Pancasila. "Sekolah laboratorium Pancasila, model pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila yang mengandung kearifan lokal," tambahnya.

Makmur Marbun juga menegaskan bahwa Festival Harmoni Budaya Nusantara dapat mendorong kreativitas dan inovasi dalam seni budaya, meningkatkan kapasitas SDM, serta memperkuat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.