https://jatim.times.co.id/
Olahraga

750 Peserta Malang Night Run Melesat dari Balai Kota

Minggu, 08 September 2024 - 04:47
750 Peserta Malang Night Run Melesat dari Balai Kota Ketua PWI Pusat, Zulmansyah Sakedang dengan gembira mengalungkan medali kepada peserta Malang Night Run 2024 saat mencapai finish. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Lebih dari 750-an pelari peserta Siwo PWI "Malang Night Run 2024" melesat dari depan Balai Kota Malang, Sabtu (7/9/2024) tadi malam sesaat setelah dilepas bersama oleh Forkopimda Kota Malang.

Acara itu digelar dalam rangka peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI sekaligus HUT ke 78 Bhayangkara.

Event yang digelar untuk kali pertama Siwo PWI Malang Raya ini meriah dan istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua PWI Pusat, Zulmansyah Sakedang dan Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim serta para pejabat Forkopimda Kota Malang.

Karena itu Zulmansyah Sakedang mengatakan, bahwa event ini bisa direplikasi oleh PWI se Indonesia. Zulmansyah Sakedang sendiri tampak gembira apalagi saat dia harus mengalungi medali kepada para peserta yang berhasil mencapai finish di depan gedung DPRD Kota Malang.

Begitu pula Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Wakapolresta Malang Kota, AKBP Adhitya Panji Anom, serta pejabat lainnya juga antusias dalam mengalungi para peserta di garis finish.

Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Aris Gunawan, M. Han beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XL, Ny. Fines Aris Gunawan, malam itu memilih menjadi peserta, dan pasangan ini dengan enteng berhasil finish. 

Malang-Night-Run-2.jpgForkopimda Kota Malang berfoto bersama di depan para peserta Malang Night Run 2024 sebelum dilepas.(FOTO B: Widodo Irianto/TIMES Indonesia).

"Event Malang Night Run 2024, SIWO PWI Malang Raya ini luar biasa. Ini pertama kali di Indonesia dan saya berharap bisa diselenggarakan di tempat lain juga," kata Zulmansyah.

Menurutnya, event ini tidak sekadar menjadi kompetisi semata, tetapi merupakan upaya para pengurus PWI Malang Raya mendekatkan diri kepada masyarakat. Selain itu, juga menjadi langkah bersama meningkatkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah di kota setempat. 

"Teman-teman di Malang telah berhasil menyerap aspirasi karena night run saat ini digemari masyarakat dan ini juga bagian silaturahim dengan masyarakat," katanya.

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim pun berharap event ini menjadi kalender tetap PWI di Jawa Timur. "Kegiatan ini sangat luar biasa, saya berharap menjadi kalender tetap," ujarnya usai mengalungkan medali pelari bersama Ketua PWI Malang, Cahyono, Ketua Siwo PWI Jatim dan sejumlah pengurus PWI Jatim. 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Malang, Baihaqi juga menyambut baik "Malang Night Run 2024" ini.

Karena acara ini bisa menjadi sarana memperkenalkan daerah wisata di wilayah Kota Malang. 

Malang-Night-Run-3.jpgPara peserta Malang Night Run 2024 kompak duduk sesaat sebelum mereka melesat dari balon gate di depan Balai Kota Malang (FOTO C: Widodo Irianto/TIMES Indonesia).

Sejumlah obyek wisata warisan kolonial yang menjadi ikon wisata Kota Malang yang harus dilalui peserta diantaranya Alun-Alun Tugu Malang – Balai Kota Malang – Kayutangan Heritage – Ijen Boulevard – Simpang Balapan hingga Stasiun Malang (Kotabaru), sebelum finish di depan gedung DPRD Kota Malang.

Karena itu Baihaqi berharap ke depan acara ini bisa menjadi bagian event tahunan di Kota Malang. "Karena ini tidak hanya ajang lari tapi juga menggerakkan ekonomi Kota Malang," ujarnya.

Tidak ada kata-kata sambutan dalam acara pelepasan di depan Balaikota Malang. Acaranya dikemas simple, namun  penuh warna, dan semarak. Para pejabat Forkopimda yang melepas juga memegangi satu bendera bersama-sama.

Beberapa atraksi seperti Barongsai dari Klenteng Eng An Kiong dan tari topeng menyemarakkan acara itu sesaat sebelum para runner dilepas.

Para pelari harus menempuh jarak kurang lebih 8 kilometer, menyusuri titik-titik dimana ada heritage Kota Malang. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 35 menit saja bagi peserta pertama yang memasuki garis finish.

"Tidak ada juara, karena ini sifatnya fun-fun saja," kata Ketua PWI Malang Raya, Ir Cahyono. Karena itu semua peserta "Malang Night Run 2024" SIWO PWI Malang ini mendapatkan medali yang secara khusus dipesankan dari China. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.