Gaya Hidup

Dibintangi Shah Rukh Khan, Film India Pathan Raih Blockbuster Global 

Senin, 30 Januari 2023 - 08:21
Dibintangi Shah Rukh Khan, Film India Pathan Raih Blockbuster Global  Poster film Pathan yang sukses meraih blockbuster global. (FOTO: IMDb)

TIMES JATIM, JAKARTAFilm India Pathan langsung raih blockbuster dalam dua hari penayangan. Film tentang mata-mata ini dibintangi oleh aktor kondang Shah Rukh Khan, Deepika Padukone, dan John Abraham.

Dirilis pada 25 Januari lalu, film ini sukses mengumpulkan pendapatan kotor secara global sebesar 12,7 juta USD. 
Selanjutnya pada hari libur nasional India yang disebuat Hari Republik, film prosuksi Yash Raj Film itu mengumpulkan 829 juta Rupee Indoa, atau setara dengan 10,1 USD di India. Sedangkan secara global internasional mendapat 307 juta Rupee atau 3,7 juta ISD. Total pendapatan kotor film ini dalam dua hari penayangan mencapai 2,196miliar Rupee apat 26,9juta USD. Jumlah itu akan terus bertambah sebab film ini masih tayang secara global, termasuk di Indonesia. 

Pathan merupakan film aksi kriminal yang mengisahkan tentang agen RAW bernama Pathan (Shah Rukh Khan) yang menghilang selama tiga tahun setelah misi terakhirnya ia ditangkap oleh teroris. Saat itu Pathan berhasil melarikan diri, dan berniat melakukan misi baru. 

Pathan kemudian bertemu dengan Rubina Moshin (Deepika Padukone). Ia seorang agen rahasia yang tengah mengejar gembong narkoba. Sayangnya ia belum menemukan petunjuk apapun untuk dapat meringkus gerombolan peredar narkoba itu. 

Pathan-2.jpgShah Rukh Khan dalam salah satu adegan di film Pathan. (FOTO: IMDb)

Rubina akhirnya dibantu oleh Pathan untuk menuntaskan misinya.Dalam perjalannnya, mereka tak hanya menangkap gembong narkoba, tapi juga berjuang menyelamatkan negara dari ancaman teroris.

Sebagai film aksi, Pathan banyak menyajikan adegan seru, mulai perkelahian, baku tembak dan berkejaran. 

Meski mendulang sukses, film yang disutradarai oleh Siddharth Anand ini sempat menuai kontroversi di India. Pathan dianggap menghina salah satu agama yang ada di India. Hal itu disulut karena bikini yang digunakan Deepika Padukone yang berwarna safron, yang melambangkan kesucian agama tersebut. 

Pathan merupakan seri keempat dari Spy Universe. Sebelumnya ada Ek Tha Tiger (2014), Tiger Zinda Hai (2017) dan War (2019). Produksi film India Pathan sendiri terpaksa ditunda karena covid-19 dan masalah yang menimpa keluarga sang bintang utama Shah Rukh Khan. Film ini juga merupakan kembalinya sang legenda setelah vakum selama lima tahun. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.