https://jatim.times.co.id/
Berita

Media Massa Memiliki Peran Penting dalam Mempromosikan UMKM

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:51
Media Massa Memiliki Peran Penting dalam Mempromosikan UMKM Seminar entrepreneur yang digelar alumnus UNEJ dan Antara di Gedung Serbaguna UNEJ Kampus Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Media massa atau media arus utama memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mempromosikan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Akhmad Munir dalam kegiatan seminar nasional dan workshop "Entrepreneurship Coaching Clinic" di Gedung Serbaguna Universitas Jember Kampus Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (16/10/2024). 

"Produksi UMKM tidak akan ada nilai ketika punya konsumen, secara umum perguliran usahanya. Maka dari itu jika ingin memasarkan produk UMKM harus akrab dengan media," kata dia saat menjadi pemateri. 

Mantan kepala Biro LKBN ANTARA Jawa Timur tersebut menyampaikan materi pemasaran dan produksi UMKM dari sisi media.

Selain mempromosikan produk UMKM lewat media arus utama kata dia, pelaku UMKM juga bisa memasarkan maupun promosi produknya melalui berbagai platform media sosial (facebook, instagram, tiktok, dan lainnya).

Menurutnya, media sosial juga menjadi sarana yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk pelaku UMKM.

"Tentunya bagaimana anda membuat produk UMKM sesuai kebutuhan masyarakat dan dipasarkan di media sosial maupun media mainstream," kata Akhmad Munir.

Ia juga meyakini generasi Z mampu mengelola media sosial dan bahkan saat ini banyak remaja menjadi endorsement memasarkan produk UMKM melalui platform media sosial.

"Mudah-mudahan bapak/ibu dan adik-adik (peserta seminar) terus punya semangat, sehingga bisa menjadi distributor maupun pemasaran produk lokal UMKM," kata alumnus Universitas Jember itu.

Kegiatan tersebut digelar oleh Pusat Keluarga Alumni Universitas Jember (PP KAUJE) dan Antara dalam rangka dies natalis UNEJ. 

Sementara itu, Ketua KAUJE Bondowoso Anisatul Hamidah menambahkan kegiatan seminar nasional bekerja sama dengan LKBN ANTARA ini fokus pada penyiapan wirausaha muda.

Menurut dia, seminar nasional ini diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang seperti apa menjadi wirausahawan.

“Output-nya nanti akan kami komunikasikan dengan DPMPTSP dan diskoperindag, sehingga kami ingin dari kegiatan ini nanti akan terus memberikan pendampingan," kata dia.

Kegiatan seminar nasional dan workshop "Entrepreneurship Coaching Clinic" ini dilaksanakan kolaborasi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dan Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Jember (PP KAUJE).

Perhelatan Tegalboto Memanggil 3 ini diikuti sekitar 500 peserta, yang terdiri dari mahasiswa Universitas Jember Kampus Bondowoso, alumni Universitas Jember dan pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) salah satu pesantren di Kabupaten Bondowoso.

Kegiatan seminar nasional bertajuk "Sinergi dan Kolaborasi Membangun Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045" ini juga merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL) dari Perum LKBN ANTARA. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.