https://jatim.times.co.id/
Berita

Pelatihan Jurnalistik SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang: Menulis Kritis, Membangun Budaya Literasi

Minggu, 06 Oktober 2024 - 08:34
Pelatihan Jurnalistik SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang: Menulis Kritis, Membangun Budaya Literasi Pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan di SMPIT Ar Ruhud Jadid Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Dalam upaya mengatasi minimnya tingkat literasi pada generasi Z, SMPIT Ar Ruhul Jadid, Sengon, Jombang, pada Sabtu (5/10/2025) menggelar pelatihan jurnalistik. 

Sekolah yang mempunyai tagline Qur'anic dan Leadership School tersebut mendatangkan dua pemateri langsung yang berpengalaman di bidang jurnalis. 

Dalam pelatihan itu sekolah mendatangkan pemateri yang terlatih dibidangnya yakni Rohmadi, M.Pd Jurnalis TIMES Indonesia dan Kevin Nizar R, S.Sos. Para pemateri memberikan wawasan pengetahuan dan bisa mengajak siswa untuk langsung praktik langsung cara membuat berita yang baik dan benar.

Aliatul Munafaqoh, selaku Kepala Sekolah SMPIT Ar Ruhul Jadid mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan minat baca dan tulis di kalangan siswa. 

“Di era informasi saat ini, keterampilan literasi menjadi sangat krusial. Kami berharap pelatihan ini dapat membangkitkan minat siswa untuk tidak hanya membaca, tetapi juga menulis dan mengolah informasi,” ujarnya.

Pelatihan dibuka dengan sesi pengenalan jurnalistik, di mana pemateri menjelaskan berbagai jenis berita dan cara penulisan yang baik dan benar. 

Siswa diperkenalkan pada konsep dasar berita, mulai dari menentukan angle berita, melakukan wawancara, hingga teknik penulisan yang menarik. Pemateri juga menjelaskan peran jurnalis dalam menyampaikan informasi yang akurat dan objektif.

Selama sesi pelatihan, siswa diajak untuk berinteraksi langsung dengan pemateri. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya, berdiskusi, dan langsung praktek mengenai dunia jurnalistik. Beberapa siswa bahkan berbagi pengalaman mereka dalam menulis dan membuat konten di media sosial.

Salah satu siswa SMPIT Ar Ruhul Jadid bernama Muhammad Fadhil Al Hakim mengungkapkan kegembiraannya dalam mengikuti pelatihan ini. 

“Saya sangat senang bisa belajar langsung dari jurnalis. Ini membuka wawasan saya tentang bagaimana berita dibuat dan pentingnya fakta dalam setiap informasi,” kata siswa sebagai Ketua Osis tersebut. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.