https://jatim.times.co.id/
Berita

TMMD 122 Kodim 0809 Kediri, Berikut Sasaran Fisik dan Non Fisik

Rabu, 02 Oktober 2024 - 21:58
TMMD 122 Kodim 0809 Kediri, Berikut Sasaran Fisik dan Non Fisik Pembukaan TMMD 122 Kodim 0809 Kediri (Foto : Yobby/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, KEDIRIKodim 0809 Kediri pekan ini mulai menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Program TMMD ke 122 ini bertempat di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Dalam pelaksanaannya, TMMD 122 memiliki sejumlah sasaran, baik fisik ataupun non fisik. 

Untuk sasaran fisik, terdiri dari 3 program utama yakni yang pertama adalah pembuatan jalan tembus yang menghubungkan desa Pagung, Kecamatan Semen dengan Desa Tiron, Kecamatan Banyakan.

 "Jalan ini sepanjang 1,5 km. Sebelum ini kondisi jalannya rusak. Tidak bisa digunakan saat hujan," jelas Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan, Rabu (02/10/2024). 

Sasaran fisik kedua adalah perbaikan dan renovasi musholla, dan yang ketiga adalah perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 20 unit. 

Sementara itu, untuk sasaran non fisik cukup beragam meliputi pengobatan gratis, pelayanan KB gratis, penyuluhan hukum, peningkatan wawasan kebangsaan, bansos bagi masyarakat kurang mampu, pelatihan meliputi umkm, pertanian dan peternakan, tata busana / tata boga dan kamtibmas. 

Lalu juga ada program memasak makanan sehat yang diarahkan untuk mendukung program percepatan penurunan angka kemiskinan, penurunan stunting, serta peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa Pagung dan sekitarnya. 

"Mulai dari pertanian, kesehatan, pendidikan dan lain-lain termasuk program unggulan adalah  sosialisasi dan pemberian bantuan untuk anak stunting," ujarnya lagi. 

Semua sasaran akan dijalankan dengan berkolaborasi bersama dengan pemerintah Kabupaten Kediri, melalui OPD - OPD terkait yang membidangi.  Selain itu juga program tambahan yang menjadi penekanan KASAD. 

"Ada sumur bor, selanjutnya ada ketahanan pangan, penanaman bibit, dan satu lagi adalah kegiatan untuk stunting, pemberian bantuan anak-anak yang mengalami stunting," pungkas Dandim 0809 Kediri. 

Sementara itu, Pjs Bupati Kediri Heru Wahono Santoso menuturkan pemilihan lokasi TMMD ke 122 yang di desa Pagung, Kecamatan Semen sangat tepat.

 Jalan tembus yang dibangun merupakan salah satu segmen trase pengembangan jalan selingkar wilis yang akan menghubungkan 6 wilayah yakni Tulungagung-Nganjuk-Trenggalek-Ponorogo-Madiun-Kediri (Tunggal Rogo Mandiri). 

"Tujuan dari pelaksanaan TMMD ini, yang pertama adalah tujuan manunggalnya antara TNI dengan masyarakat, kemudian yang kedua juga ada sinergi kolaborasi antara pemerintah Kabupaten Kediri dengan TNI dalam rangka memberdayakan masyarakat, khususnya di Kecamatan Semen, Desa Pagung," tambah Pjs Bupati Kediri. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.