https://jatim.times.co.id/
Berita

Unisma Borong 4 Penghargaan di Anugerah Kampus Unggulan LLDIKTI Jatim

Jumat, 06 September 2024 - 22:14
Unisma Borong 4 Penghargaan di Anugerah Kampus Unggulan LLDIKTI Jatim Rektor Unisma Prof Junaidi bersama Pjs Wakil Rektor IV Unisma Dr Hasan Zayadi seusai menerima penghargaan dari LLDIKTI VII pada Kamis (5/9/2024). (FOTO: Humas Unisma)

TIMES JATIM, MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma) sukses meraih empat penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah Kampus Unggulan Jawa Timur. Penghargaan tersebut diberikan langung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, Prof Dr Dyah Sawitri SE MM sebagai penyelenggara,  di Hotel Grand Mercure Mirama Malang, Kamis (5/9/2024).

Rektor Unisma, Prof. Junaidi, menjelaskan, empat dari penghargaan tersebut meliputi, pertama; Unisma sebagai kampus peringkat pertama dalam Kategori Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

LLDIKTI-VII-2.jpg

“Pada kategori ini, Unisma mendapatkan predikat terbaik di wilayah VII Jawa Timur untuk kampus klaster utama. Karena di perguruan tinggi ini, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dikelompokkan dalam tiga klaster, yaitu binaan, madya, dan utama,” ujar Prof. Junaidi, Jumat (6/9/2024).

Lebih lanjut, Prof. Junaidi menjelaskan bahwa prestasi ini diraih berdasarkan beberapa indikator, seperti penggunaan dana hibah dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen, serta hasil penelitian yang mencakup publikasi di jurnal internasional, pendaftaran paten, dan hak cipta penelitian.

“Penilaian penelitian ini didasarkan pada kualitas risetnya. Ada yang didanai pemerintah melalui hibah, namun kampus juga menyediakan anggaran khusus untuk penelitian,” katanya.

Selanjutnya, Unisma juga mendapatkan penghargaan sebagai peringkat kedua untuk Kategori Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terbaik.

“Ini berkaitan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), termasuk program pertukaran mahasiswa merdeka. Setiap semester, beberapa mahasiswa dari luar Unisma kuliah di sini. Semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam program MBKM, semakin tinggi skornya,” imbuhnya.

Penghargaan ketiga yang diterima Unisma adalah peringkat ketiga dalam kategori Perguruan Tinggi Berprestasi di Bidang Kemahasiswaan. Pada kategori ini, Unisma diangggap berhasil dalam melakujan pengembangan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta banyak prestasi yang diraih mahasiswa di berbagai kompetisi.

Yang ke tempat, Unisma juga meraih penghargaan individu, yaitu Anugerah Academic Leader 2024 untuk kategori Rektor dengan jumlah mahasiswa di atas 10.000, yang diberikan kepada Prof. Maskuri, Rektor Unisma periode 2014-2024.

“Penghargaan ini merupakan hasil penilaian atas kinerja Rektor, dan pengajuannya telah kami lakukan sejak Februari lalu. Prof. Maskuri dinobatkan sebagai rektor terbaik,” jelas Prof. Junaidi.

Ia menegaskan bahwa pencapaian akan menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika Unisma untuk mengabdi dengan lebih baik. Selain itu, prestasi ini juga akan memantapkan Unisma untuk terus melangkah menuju visi menjadi universitas kelas dunia atau world class university. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.