https://jatim.times.co.id/
Berita

Inova Zenix, Kendaraan Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Selasa, 03 September 2024 - 15:08
Inova Zenix, Kendaraan yang Dipakai Paus Fransiskus di Indonesia Paus Fransiskus menggunakan kendaraan Inova Zenix saat berkunjung ke Indonesia, Selasa (3/9/2024). (FOTO: ANTARA/Dhemas Reviyanto/tom)

TIMES JATIM, JAKARTA – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, memilih Toyota Innova Zenix sebagai kendaraan resminya selama agenda kunjungan kenegaraan di Indonesia. Begitu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa (3/9/2024) pukul 11.30 WIB, Paus Fransiskus langsung melanjutkan perjalanannya menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta menggunakan Toyota Innova Zenix berwarna putih dengan pelat nomor SCV-1.

Di bagian depan mobil tersebut, terlihat bendera Indonesia dan bendera Katedral, menambah kesan khusus pada kendaraan yang digunakan.

Toyota Innova Zenix yang digunakan oleh Paus Fransiskus merupakan model terbaru yang pertama kali diluncurkan secara global di Indonesia pada November 2022. Mobil ini tersedia dalam dua varian utama, yaitu hybrid dan mesin bensin 2.0L.

Varian hybrid hadir dalam tiga tipe, yakni G, V, dan Q sebagai tipe tertinggi, sementara varian mesin bensin tersedia dalam dua tipe, yaitu G dan V.

All New Kijang Innova Zenix telah mengadopsi platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) yang menawarkan struktur monokok berpenggerak roda depan serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Platform baru ini memungkinkan mobil dilengkapi dengan teknologi terkini seperti mesin 2.0L TNGA, Toyota Hybrid System generasi ke-5, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT.

Mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS pada Innova Zenix mampu menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm. Sementara itu, varian hybrid dengan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm.

Ketika dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 113 PS, tenaga total yang dihasilkan mencapai 186 PS, memberikan performa yang lebih bertenaga dan efisien.

Desain eksterior All New Kijang Innova Zenix menampilkan konsep "Glamorous and Tough" dengan fitur-fitur seperti New Crossover Front Looks, New Front Grille Design, dan LED Headlamp.

Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai pilihan velg alloy berukuran 16 inci (G), 17 inci (V), dan 18 inci (Q). Dengan dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, serta wheelbase 2.850 mm, mobil ini menawarkan ruang yang luas dan kenyamanan yang optimal.

Selain itu, Kijang Innova Zenix juga menyediakan fitur-fitur unggulan seperti panoramic retractable roof, captain seat with Ottoman, head unit 10 inci dengan konektivitas smartphone, dan teknologi keselamatan canggih Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang mencakup Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Alert (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia pada 3-6 September 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke kawasan Asia-Oseania. Sebelumnya, dua Pemimpin Gereja Katolik Roma lainnya, Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989, juga pernah melakukan kunjungan serupa ke Indonesia. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.