https://jatim.times.co.id/
Berita

Kehangatan di Pasar Rakyat Desa Kaligung, Cabup Banyuwangi Gus Makki Bersama Pedagang UMKM

Minggu, 06 Oktober 2024 - 21:20
Kehangatan di Pasar Rakyat Desa Kaligung, Cabup Banyuwangi Gus Makki Bersama Pedagang UMKM Kedekatan Gus Makki dan Para pelaku UMKM di Pasar Rakyat ‘Surupe Srengenge’ di Desa Kaligung yang ingin berselfie bersama. (Foto : Anggara Cahya/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Suasana hangat muncul saat Calon Bupati (Cabup) Banyuwangi, KH. Ali Makki Zaini atau Gus Makki menemui pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Pasar Rakyat ‘Surupe Srengenge’ di Desa Kaligung, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Sabtu (5/10/2024).

Kehangatan tersebut nampak ketika Gus Makki sapaan akrab KH. Ali Makki Zaini itu disambut antusias oleh para pedagang dan masyarakat setempat. Bahkan mereka merangsek berebut foto selfie dengan Cabup No urut 2 itu seraya berpose salam dua jari dan yel-yel ‘pasangan Ali-Ali’. 

Dalam rangka memperkuat komunikasi dan memperdalam hubungan dengan masyarakat, Pengasuh pondok pesantren Bahrul Hidayah, Dusun Rayud, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono itu memang dikenal dengan pendekatannya yang merakyat dan suka  berdialog langsung dengan warga.

Pada kesempatan tersebut Cabup yang populer dengan julukan Ali-Ali  mendengarkan keluh kesah dan masukan terkait kendala-kendala yang dihadapi pelaku usaha, terutama di tengah tantangan ekonomi yang semakin kompleks.

"Untuk menggerakkan perekonomian lokal kita perlu memberi perhatian lebih pada keberlangsungan usaha rakyat, mulai dari permodalan, akses pasar, hingga pembinaan keterampilan," ujar Gus Makki, (6/10/2024).

Selain itu, Gus Makki menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan pelaku usaha dalam mengembangkan potensi ekonomi di Banyuwangi. Ia berjanji akan menciptakan program-program inovatif yang dapat memfasilitasi pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan.

"Kita tidak bisa hanya mengandalkan pariwisata saja. UMKM adalah tulang punggung ekonomi masyarakat. Jika saya diberi amanah, saya akan memastikan akses permodalan lebih mudah bagi UMKM," tuturnya.

Semantara itu, salah satu pedagang, Asemah menyampaikan harapannya kepada Cabup Banyuwangi nomor urut 2 Gus Makki yang berpasangan dengan Ali Ruchi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini. Dirinya meminta agar lebih memperhatikan para pedagang.

"Kami sangat berharap Gus Makki bisa memperhatikan nasib pedagang kecil seperti kami. Terutama dalam hal pengaturan pasar dan modal usaha. Semoga nanti ada perubahan yang lebih baik untuk pedagang kecil," ungkap Asemah.

Pertemuan ini merupakan bagian dari agenda Gus Makki dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dari berbagai sektor ekonomi di Banyuwangi. 

Sebelumnya, Gus Makki juga melakukan kunjungan ke beberapa desa lain untuk mendengar langsung suara masyarakat, khususnya para petani, nelayan, dan pedagang kecil.

Dengan komitmen yang kuat terhadap pengembangan UMKM, Gus Makki berharap dapat membangun Banyuwangi menjadi lebih sejahtera dan berdaya saing melalui penguatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.