https://jatim.times.co.id/
Berita

Peserta Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 Ikuti Tes Lanjutan

Minggu, 06 Oktober 2024 - 21:57
Peserta Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 Ikuti Tes Lanjutan Sejumlah peserta saat mengikuti tws wawancara terbuka, sebagai tahapan seleksi lanjutan Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang, di Aula Kodim 0818/Malang-Batu, Minggu (6/10/2024). (Foto dok. Duta Pancasila)

TIMES JATIM, MALANG – Seleksi lanjutan berupa tes Tahap 2  Duta Pancasila Kabupaten Malang 2024 kembali dilangsungkan di Aula Makodim 0818/Malang-Batu, Minggu (6/10/2024). 

Tes tahap ini diikuti 80 orang peserta yang merupakan pelajar se Kabupaten Malang dan sudah menjalani tes seleksi Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang hari sebelumnya. 

"Dari jumlah peserta Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang awal sebanyak 160 orang, hari ini dilanjutkan tes Tahap 2 berupa tes wawancara. Tes ini diikuti 80 peserta terpilih tahap sebelumnya," terang Ketua Duta Pancasila Kabupaten Malang, Bilqis Islach W., Minggu (6/10/2024). 

Pada pelaksanaan seleksi tahap 2 ini, lanjutnya, dilakukan tes wawancara yang dibagi dua sesi. Yakni, sesi I terkait Wawasan Kebangsaan, dan pada Sesi II, materi wawancara difokuskan pada pemahaman terkait pengamalan nilai-nilai Pancasila. 

"Tes seleksi dari 80 menuju 60 ini, ditekankan pada penguasaan materi wawasan kebangsaan, kepancasilaan, kepemimpinan dan personal branding," kata Bilqis.

Pemilihan-Duta-Pancasila-Kabupaten-Malang-a.jpg

Pada seleksi ini peserta mengikuti tes open interview, dimana diberikan pertanyaan oleh dewan juri dan dijawab langsung secara terbuka oleh peserta.

"Pada penilaian ini diharapkan dapat mengetahui pengetahuan, penalaran, dan kesigapan peserta. Kita menekankan seluruh peserta wajib hafal Pancasila," imbuhnya. 

Ia mengatakan dari seleksi lanjutan Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang ini, tim juri menjaring peserta yang lolos tes selanjutnya sebanyak 60 orang. Usai penentuan peserta terpilih tersebut, diberikan beberapa motivasi kepada nominasi peserta Audisi Duta Pancasila 2024.

"Sebanyak 60 org peserta yang dinyatakan lolos akan menjalani tes selanjutnya, pada 12 Oktober 2024 mendatang, dengan materi penyampaian program kerja masing-masing peserta Audisi," pungkasnya. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.