https://jatim.times.co.id/
Berita

Ibas: Ketua MA Harus Jadi Panutan bagi Pencari Keadilan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 14:00
Ibas: Ketua MA Harus Jadi Panutan bagi Pencari Keadilan Prof. Sunarto, usai dilantik menjadi Ketua Mahkamah Agung yang baru di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). (foto: Setkab RI)

TIMES JATIM, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI dari Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono menegaskan bahwa Ketua Mahkamah Agung (MA) harus mampu menjadi teladan bagi pencari keadilan dan berpihak pada kebenaran serta keadilan bagi rakyat, bangsa, dan negara.

Pernyataan tersebut disampaikan saat menghadiri acara pengucapan sumpah jabatan Prof. Sunarto sebagai Ketua MA yang baru di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Pada kesempatan itu, politisi yang akran disapa Ibas ini juga memberikan ucapan selamat kepada Prof. Sunarto atas amanah baru yang diembannya.

"Saya mengucapkan selamat kepada Prof. Sunarto. Semoga dapat menjalankan tugas dengan amanah dan sukses melanjutkan kepemimpinan di MA. Beliau diharapkan dapat terus menjadi pemimpin yang berintegritas, mengayomi pencari keadilan, serta insan peradilan di seluruh Indonesia," ujar Ibas.

Lebih lanjut, Ibas berharap agar Ketua MA yang baru dapat menjalankan tugas dengan profesional dan tetap independen. "Kami berharap pimpinan MA bisa menjadi contoh yang baik, tidak hanya sebagai pemimpin lembaga peradilan, tetapi juga mampu bersikap profesional, bebas dari intervensi, dan selalu memihak pada kebenaran serta keadilan bagi semua," tambahnya.

Upacara pengambilan sumpah jabatan Ketua MA periode 2024-2029 ini turut disaksikan oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Hakim agung Sunarto secara resmi dilantik sebagai Ketua MA menggantikan Muhammad Syarifuddin.

Di hadapan para tamu undangan, Prof. Sunarto mengucapkan sumpah jabatannya. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan lurus sesuai UUD 1945, dan berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Ketua MA. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.