https://jatim.times.co.id/
Berita

Pimpin Apel HSN 2024, Plt Bupati Malang Tekankan Keteladanan Perjuangan Jihad Santri

Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:54
Pimpin Apel HSN 2024, Plt Bupati Malang Tekankan Keteladanan Perjuangan Jihad Santri Suasana khidmat saat Apel peringatan Hari Santri Nasional 2024, yang dipimpin Plt Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, di Lapangan Olahraga Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (22/10/2024). (Foto: Prokopim)

TIMES JATIM, MALANG – Plt Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, mengikuti sekaligus menjadi Inspektur Apel Hari Santri Nasional 2024 (HSN 2024), yang dilangsungkan di Lapangan Olahraga Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (22/10/2024). 

Apel Hari Santri Nasional 2024 ini, juga diikuti Pj. Sekretaris Daerah dan jajaran Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Malang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang. 

Di depan para undangan dan peserta Apel HSN 2024, dalam penyampaian amanat pemimpin upacara, Plt Bupati Malang membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2024, dengan tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan.” 

Apel-7.jpg

Peserta undangan Apel Hari Santri Nasional lainnya, diantaranya Ketua Rais Syuriyah, dan Katib Syuriyah dan Katib Syuriyah PC NU Kabupaten Malang beserta jajaran pengurus, Badan Otonom dan Keluarga Besar PCNU Kabupaten Malang, Pengurus MWC dan Warga NU Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon.

'Dalam sambutannya dari mimbar utama upacara, Plt Bupati menyampaikan, bahwa Hari Santri yang kita peringati setiap 22 Oktober adalah momentum bagi kita semua, untuk mengenang dan meneladani para santri yang turut memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Sejarah telah mencatat, bahwa kaum santri adalah salah satu yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah," tandas Plt. Bupati Malang. 

Dijelaskan Didik, salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada tanggal 22 Oktober 1945, yang dimaklumatkan Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari. 

Dalam fatwa “Resolusi Jihad” itu, Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan, ''Berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak), bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 kilometer dari tempat masuk dan kedudukan musuh." 

Apel-8.jpg

Sejak Resolusi Jihad dimaklumatkan, para santri dan masyarakat umum terbakar semangatnya, untuk terus dengan tekad ikhlas berjuang dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Untuk diketahui, Hari Santri Nasional diperingati sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015, yang merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri, dalam perjuangan, merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.