https://jatim.times.co.id/
Berita

Artis China Tony Leung Gelontorkan 190 Beasiswa untuk Anak-anak Setempat

Senin, 26 Agustus 2024 - 08:00
Artis China Tony Leung Gelontorkan 190 Beasiswa untuk Anak-anak Setempat Tony Leung berfoto bersama para penerima beasiswa di China. (Foto: Eugene Lee/SCMP)

TIMES JATIM, JAKARTATony Leung Chiu-wai, aktor legendaris asal Hong Kong, baru-baru ini menunjukkan kepeduliannya terhadap anak-anak kurang mampu dengan menggelontorkan dana sebesar HK$3 juta, yang setara dengan sekitar Rp5,9 miliar. Dana ini, bersama dengan koleksi lukisannya, didonasikan untuk mendukung program beasiswa yang diadakan oleh Hong Kong Paediatric Society (HKPS) untuk tahun mendatang.

Leung terinspirasi oleh semangat dan rasa syukur para penerima beasiswa ini saat dia mengetahui tentang endowment yang dikenal dengan nama Bright Future Scholarship pada tahun lalu.

Dukungan untuk Anak-anak Kurang Mampu

Program Bright Future Scholarship bertujuan membantu siswa dari latar belakang kurang mampu untuk membeli peralatan pelatihan atau barang-barang terkait studi guna mengejar impian mereka. Leung merasa tergerak setelah melihat betapa bermanfaatnya beasiswa ini bagi banyak anak-anak. Melalui kontribusinya, Leung berharap dapat meningkatkan kesadaran dan dukungan lebih banyak lagi untuk anak-anak dan remaja yang membutuhkan.

Pada tahun ini, beasiswa tersebut telah memberikan manfaat kepada 190 anak-anak dengan penyakit kronis atau dari latar belakang kurang mampu. Dukungan ini sangat penting bagi mereka yang mungkin tidak memiliki akses yang memadai untuk melanjutkan pendidikan atau kegiatan ekstrakurikuler mereka.

Selain itu, beasiswa lain di bawah naungan HKPS juga diberikan kepada 20 siswa berprestasi. Lebih dari separuh dari mereka adalah anak-anak dengan kondisi kronis atau berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, dan 45 persen di antaranya memiliki kebutuhan pendidikan khusus.

Kisah Inspiratif Penerima Beasiswa

Salah satu penerima beasiswa, Luk, seorang remaja 16 tahun yang telah menderita diabetes tipe 1 sejak usia enam tahun, merupakan contoh inspiratif dari penerima manfaat beasiswa ini. Meskipun menghadapi berbagai tantangan kesehatan, Luk tetap gigih dan berhasil meraih banyak penghargaan internasional dalam olahraga anggar untuk Hong Kong.

Dilansir dari South China Morning Post dia berencana menggunakan dana beasiswa untuk membeli peralatan medis dan perlengkapan anggar guna mendukung perjuangan atletiknya.

Luk tidak hanya menunjukkan ketekunan dalam berlatih anggar, tetapi juga tekadnya untuk mengatasi keterbatasan yang dihadapinya. Beasiswa ini memberikan dorongan tambahan yang sangat berarti baginya untuk terus mengejar cita-citanya dan mengatasi kesulitan yang dihadapinya.

Siapa Tony Leung?

Tony Leung Chiu-wai lahir pada 27 Juni 1962, di Hong Kong. Ia dikenal sebagai salah satu aktor paling berbakat di Asia, dengan karier yang telah berlangsung selama lebih dari tiga dekade.

Leung mulai dikenal luas setelah membintangi berbagai film yang disutradarai oleh Wong Kar-wai, seperti In the Mood for Love (2000), yang membuatnya meraih penghargaan Aktor Terbaik di Festival Film Cannes. Leung juga terkenal berkat perannya dalam film Infernal Affairs (2002), yang kemudian diadaptasi oleh Hollywood menjadi The Departed. Film-film lainnya yang juga dikenal luas adalah Hero (2002) dan Lust, Caution (2007).

Selain kemampuannya dalam berakting, Leung juga dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan penuh kasih. Donasinya untuk mendukung beasiswa ini adalah salah satu bukti nyata dari komitmennya untuk membantu mereka yang kurang beruntung.

Tony Leung berharap dukungannya ini dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan anak-anak China yang membutuhkan dan memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk turut berkontribusi dalam kegiatan sosial. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.