https://jatim.times.co.id/
Berita

Ribuan Santri di Probolinggo Peringati Hari Santri Nasional dengan Upacara dan Jalan Sehat Sarungan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:51
Ribuan Santri di Probolinggo Peringati Hari Santri Nasional dengan Upacara dan Jalan Sehat Sarungan Ribuan santri Ponpes Zainul Hasan Genggong gelar upacara dan jalan sehat bersarung. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Ribuan santri di berbagai pesantren di Probolinggo, Jatim, turut memperingati Hari Santri Nasional atau HSN 2024 dengan penuh semangat melalui upacara di halaman pesantren masing-masing. Begitu pula dengan Pesantren Zainul Hasan Genggong. Mereka tak hanya menggelar upacara, melainkan juga jalan sehat bersarung.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera di halaman pesantren pada Selasa (22/10/2024), yang dipimpin langsung oleh pengasuh pesantren, KH Moh. Hasan Mutawakkil Alallah. Acara itu diikuti oleh seluruh keluarga besar pesantren dan para santri putra-putri.

Upacara ini merupakan bentuk penghormatan dan rasa syukur terhadap perjuangan para santri dan ulama terdahulu yang turut berjuang membela tanah air ini. Sebagai santri, tentu upacara itu digelar dengan mengenakan busana santri dan peci setiap 22 Oktober.

Usai upacara, para santri berbondong-bondong melakukan jalan sehat dengan mengenakan sarung, sebagai simbol identitas dan kebanggaan santri. Mereka mulai beranjak dari halaman melewati desa-desa sekitar sembari menyapa masyarakat.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang peringatan, tetapi juga wujud nyata interaksi antara pesantren dan masyarakat, mempererat tali silaturahmi antara santri dan warga sekitar.

Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH Moh. Hasan Mutawakkil Alallah menyampaikan,  kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap perjuangan para santri dalam sejarah bangsa. Santri juga memiliki kewajiban untuk menjaga persatuan bangsa ini ke depan. 

"Hari Santri mengingatkan kita semua akan peran penting santri dalam menjaga nilai-nilai agama dan kebangsaan. Melalui kegiatan ini, kami ingin menegaskan bahwa santri siap berkontribusi dalam membangun bangsa, sekaligus menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat sekitar," ujarnya.

Upacara HSN 2024 ini sejatinya juga digelar oleh sejumlah pesantren di Probolinggo. Mereka memperingati acara tersebut sesuai dengan cara mereka masing-masing. Bahkan Pemkab Probolinggo juga turut memperingati Hari Santri Nasional di Alun-alun Kraksaan. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.