https://jatim.times.co.id/
Berita

Hari Jadi ke-23 Kota Tasikmalaya, 16 INORGA Meriahkan KORMIFEST 2024

Jumat, 04 Oktober 2024 - 12:58
Hari Jadi ke-23 Kota Tasikmalaya, 16 INORGA Meriahkan KORMIFEST 2024 Salah satu kontingen peserta KORMIFEST saat mengikuti upacara pembukaan di Halaman Bala Kota Tasikmalaya, Jumat (4/10/2024) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia) 

TIMES JATIM, TASIKMALAYA – Sebanyak enam belas Induk Olahraga (INORGA) yang tergabung dalam Komite Olahraga Masyarakat (KORMI) Kota Tasikmalaya turut serta dalam gelaran akbar KORMIFEST 2024. 

Ajang ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-23, pembukaan KORMIFEST berlangsung di Lapangan Bale Kota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun, Kecamatan Bungursari, Jumat (4/10/2024) pagi.

Acara KORMIFEST secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, dalam sebuah upacara yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan peserta dari berbagai cabang olahraga (cabor). 

Dalam momen simbolis, pembukaan ditandai dengan pelepasan balon ke udara sebagai simbol dimulainya rangkaian kegiatan yang penuh semangat.

Dalam sambutannya, Cheka Virgowansyah menegaskan bahwa ajang ini diharapkan bisa memberikan kebahagiaan bagi masyarakat Kota Tasikmalaya. 

“Kita berharap melalui KORMI Festival 2024, masyarakat Kota Tasikmalaya semakin bahagia. Tahun lalu, kita berhasil menduduki peringkat ke-13 di tingkat nasional, dan target tahun ini adalah mencapai peringkat 10,” ungkap Cheka kepada awak media, Jumat(4/10/2024). 

Cheka juga menjelaskan bahwa ada 16 INORGA yang terlibat dalam ajang ini, dengan kegiatan yang dapat diikuti oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

"Ini baru pertama kalinya KORMI Festival diadakan, dan saya melihat trennya sangat positif. Semakin ramai, semakin banyak INORGA yang berpartisipasi, yang tentu saja membawa kebahagiaan dan kesehatan bagi masyarakat," tambahnya.

Cheka menekankan bahwa olahraga di bawah naungan KORMI bukan hanya soal kebugaran fisik, tetapi juga aspek kebahagiaan yang menjadi ciri khas dari masyarakat Kota Tasikmalaya. "KORMI dengan cabornya mewakili ciri khas kota, tidak hanya menyehatkan tetapi juga membuat masyarakat lebih bahagia," paparnya.

Sementara itu, Ketua KORMI Kota Tasikmalaya, Imih Misbahul Munir, menambahkan bahwa KORMIFEST 2024 akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 6 Oktober 2024 di Kompleks Dadaha. Sebanyak 16 cabang olahraga (cabor) akan dilombakan dengan melibatkan 1.226 peserta dari berbagai kalangan usia.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk selebrasi peringatan Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-23, tetapi juga sebagai ajang promosi olahraga masyarakat yang dapat diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. 

"Akan ada kegiatan menarik, mulai dari lomba bayi merangkak di Gali Palistri, push bike untuk anak-anak usia 2-4, 4-6, dan 6-8 tahun yang akan berlangsung di Kompleks Dadaha," jelas Imih.

Menurut Imih, KORMI berperan penting dalam mengolahragakan masyarakat. “Di KORMI, peserta mulai dari balita hingga lansia bisa bergabung. Tujuan dari kegiatan ini adalah membudayakan olahraga di tengah masyarakat agar semua orang dapat menikmati manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun kebahagiaan,” tandasnya.

KORMIFEST 2024 tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga menjadi momentum penting untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan bahagia di kalangan masyarakat Kota Tasikmalaya.

Melalui berbagai kegiatan yang menyasar semua kelompok umur, dari balita hingga lansia, KORMI membuktikan komitmennya dalam menggerakkan seluruh masyarakat untuk aktif berolahraga.

Pj Wali Kota Cheka Virgowansyah mengapresiasi KORMI atas kontribusinya dalam meningkatkan kualitas hidup warga melalui kegiatan olahraga yang kreatif dan menyenangkan.

Dengan adanya KORMIFEST, diharapkan olahraga semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, menjadikan Tasikmalaya sebagai kota yang sehat, aktif, dan bahagia.

Ajang ini tidak hanya berfokus pada kompetisi, tetapi juga pada upaya memupuk kebersamaan dan kekompakan di antara masyarakat, sekaligus mempererat hubungan sosial antarwarga. 

Puncak acara KORMIFEST diharapkan akan membawa semangat kebersamaan yang lebih kuat di Kota Tasikmalaya.

Dengan segala upaya yang dilakukan melalui KORMIFEST 2024, harapannya Kota Tasikmalaya akan terus meningkatkan prestasinya di tingkat nasional, sekaligus memperkuat identitas kota sebagai daerah yang tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga harmonis dan bahagia. (*) 

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.