https://jatim.times.co.id/
Berita

Polresta Banyuwangi Gelar Safari dan Jumat Curhat untuk Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada 2024

Jumat, 06 September 2024 - 20:15
Polresta Banyuwangi Gelar Safari dan Jumat Curhat untuk Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada 2024 Kapolsek Kabat AKP Kusmin sedang berbincang dan berbaur dengan masyarakat melaksanakan tugas pelayanan pada program Safari dan Jumat Curhat di Masjid. (FOTO: Humas Polresta Banyuwangi For TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGIPolresta Banyuwangi kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Dengan situasi yang cenderung menimbulkan persaingan politik, langkah preventif dilakukan melalui program Safari Masjid dan Jumat Curhat sebagai bagian dari Cooling System untuk menciptakan suasana kondusif.

Pada 6 September 2024, Polresta Banyuwangi mengadakan kegiatan Safari Masjid dan Jumat Curhat di Masjid Baiturrohman, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat komunikasi antara Polri dan masyarakat guna menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada.

AKP-Kusmin.jpg

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kapolsek Kabat AKP Kusmin menyatakan bahwa program ini merupakan salah satu upaya penting untuk memelihara situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dalam menghadapi Pilkada 2024.

“Kami sampaikan pesan-pesan kamtibmas untuk menjaga kondusifitas lingkungan dari pengaruh berita hoax yang berpotensi memecah belah persatuan,” ujar AKP Kusmin saat memberikan sambutan.

Selain menjaga keamanan, Polresta Banyuwangi juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan hak pilihnya. AKP Kusmin mengingatkan bahwa masyarakat harus datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024, menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan tetap menjaga kerukunan pasca pemilihan.

"Tetap jaga tali silaturahmi, persatuan dan kesatuan, hormati pilihan masing-masing," lanjutnya.

Dalam suasana pemilihan yang rawan konflik akibat perbedaan pilihan politik, pesan ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi warga untuk menjaga keharmonisan di lingkungan mereka.

Selain membahas masalah Pilkada, AKP Kusmin juga menyoroti isu kenakalan remaja yang makin memprihatinkan. Orang tua dihimbau agar lebih waspada terhadap aktivitas anak-anak mereka, terutama di malam hari.

"Jika anak-anak belum pulang pukul 22.00 WIB, segera hubungi mereka dan pastikan mereka berada di tempat yang aman," imbau Kapolsek Kabat.

Langkah ini diambil untuk mencegah anak-anak terlibat dalam aktivitas negatif atau menjadi korban kejahatan akibat pergaulan yang salah. AKP Kusmin juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memerangi peredaran barang terlarang, terutama narkoba, yang kerap menjerat kaum muda.

Kegiatan Safari Masjid dan Jumat Curhat ini diharapkan bisa menjadi sarana yang efektif dalam membangun sinergi antara Polresta Banyuwangi dan masyarakat. Dengan mendengarkan langsung aspirasi serta keluhan masyarakat, pihak kepolisian dapat merespon lebih cepat dan tepat terhadap setiap potensi gangguan keamanan.

Polresta Banyuwangi terus berkomitmen untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayahnya, khususnya menjelang Pilkada serentak 2024. Program ini juga bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan rasa percaya antara Polri dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan damai. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.