https://jatim.times.co.id/
Berita

TNI AL dan US Navy Seal Gelar Latihan Bersama JCET Flash Thunder Iron 2024 di Situbondo

Minggu, 07 Juli 2024 - 16:57
TNI AL dan US Navy Seal Gelar Latihan Bersama JCET Flash Thunder Iron 2024 di Situbondo Prajurit pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat (US SOPAC/US Navy Seal) tiba di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda. (Foto: Antara)

TIMES JATIM, SITUBONDOSurabaya dan Situbondo, Jawa Timur, akan menjadi saksi latihan bersama antara TNI Angkatan Laut dan pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, US SOPAC/US Navy Seal, dalam Latihan Bersama (Latma) Joint Combined Exchange Training (JCET) Flash Thunder Iron 2024. Latihan ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 8 hingga 29 Juli 2024.

Dalam persiapan untuk latihan tersebut, TNI AL memberikan dukungan operasional penerbangan untuk personel dan perlengkapan Angkatan Laut AS di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut siaran resmi Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) yang dikonfirmasi di Jakarta pada Sabtu, pasukan khusus dari Angkatan Laut AS tiba di Lanudal Juanda menggunakan pesawat Dornier DO-328 pada Jumat (5/7/2024).

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani menyatakan, Lanudal Juanda siap memberikan dukungan penuh untuk kebutuhan TNI AL dan pasukan khusus Angkatan Laut AS selama Latma JCET Flash Thunder Iron 2024. 

"Kami (Lanudal Juanda, red.) akan selalu siap memberikan dukungan penuh guna kelancaran dan suksesnya kegiatan Latma JCET Flash Thunder Iron 2024 sesuai perintah komando atasan,” kata Kolonel Dani.

Latma JCET Flash Thunder Iron 2024 merupakan latihan bilateral antara Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) TNI AL dan US SOPAC/US Navy Seal Group 1.

Latihan ini merupakan tindak lanjut dari program kerja United States-Indonesia Bilateral Defence Discussion (USIBIDD) 2022 dan Special Operation Force (SOF) Talks 2022.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan profesionalisme pasukan khusus dari kedua negara.

Tahun lalu, Latma JCET Flash Thunder Iron 2023 digelar di Jakarta, Kepulauan Seribu, dan Bogor, Jawa Barat.

Materi latihan mencakup perawatan korban perang (TCCC), taktik perahu kecil, pertempuran jarak dekat (CQB), pengintaian pesisir atau pantai, operasi menyelam tempur, navigasi bawah air, penghancuran sasaran bawah air, dan skenario serangan lengkap.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh, Latma JCET Flash Thunder Iron 2024 diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses, mempererat hubungan serta meningkatkan kemampuan militer kedua negara. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ryan Haryanto xxx
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.