Berita

Harlah 1 Abad NU dan Fakta Keterlibatan Musisi Nasional hingga Internasional

Selasa, 31 Januari 2023 - 09:53
Harlah 1 Abad NU dan Fakta Keterlibatan Musisi Nasional hingga Internasional Prosesi rangkaian kegiatan 1 abad NU

TIMES JATIM, JAKARTA – Moment penting Harlah 1 Abad NU akan semakin dekat penyelenggaraannya, yakni pada 16 Rajab 1444 H atau tepay pada tanggal 7 Februari 2023 mendatang. Adanay harlah tersebut akan menjadi titik tolak Nahdliyin di seluruh Indonesia dan dunia agar mampu menguatkan NU pada abad kedua sebagai salah satu organisasi keagamaan yang bermanfaat.

Pada puncak resepsi 1 Abad NU yang akan diselenggarakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur tersebut, KH Yahya Cholil Staquf selaku Ketua Umum PBNU, juga telah merencanakan beberapa aspek penting keterlibatan para seniman dan musisi baik dari dalam negeri hingga musisi internasional.

Musisi-musisi tersebut adalah Slank, kemudian ada raja dangdut Rhoma Irama, ada juga Maher Zain, Woro Widowati, Addie MS, Denny Malik, Tohpati, Dewa Budjana, Kikan Namara, Annisa Rahman, hingga hiburan dari Cak Lontong dan Akbar. Semua pengisi acara Harlah 1 Abad NU tersebut tentu memiliki kesan khusus.

Gus Yahya telah beberapa kali menyampaikan dalam suatu kesempatan, bahkan keterlibatan para musisi dan seniman memang sangat biasa di NU serta tentu bukan yang pertama, akan tetapi skala dalam resepsi ini semakin diperluas dengan moment yang cukup maksimal.

Fakta Unik Musisi dan Seni dalam Rangkaian Harlah 1 Abad NU

Satu alasan penting mengapa dalam acara Harlah 1 Abad NU tersebut pihak panitia mendatangkan banyak musisi dan seniman tentu tidak lepas dari perluasan nilai dakwah NU yang berlatar belakang ahlus sunnah wal jamaah dengan wujud kendaraan seni dan budaya.

Untuk bisa melihat lebih jauh maka berikut ini adalah beberapa fakta musisi dan seni dalam meriahnya acara sakral NU tersebut.

1. Grup Band Slank

Musisi palin banyak mendapatkan perhatian sebagai pengisi acara dalam Harlah 1 Abad NU adalah Grup Band Slank. Seperti yang telah dipahami bahwa band yang memiliki aliran rock dan metal tersebut tentu memiliki basis massa penggemar yang cukup banyak, bahkan tercatat fans dari slank saat ini mencapa 4 juta orang.

Oleh sebab itulah maka hal ini bisa menjadi jembatan besar kepada NU untuk menyampaikan sisi dakwah cukup penting dan nilai moderasi beragama. Apalagi saat ini slank sangat aktif untuk ikut serta dalam beberapa aspek gerakan positif, salah satunya adalah sebagai akses duta anti narkoba.

Sehingga dalam Harlah 1 Abad NU pihak PBNU juga berharap slank tidak hanya memberikan hiburan semata, melainkan untuk menyampaikan dan mengajak semua penggemarnya untuk bisa lebih aktif lagi dalam memberantas masalah obat terlarang tersebut.

2. Addie MS dan Danny Malik

Musisi selanjutnya yang juga akan ikut memeriahkan acara ini adalah Addie MS dan Denny Malik. Dalam dunia music tentu nama dua orang tidak asing lagi bagi semua kalangan, apalagi Addie MS yang sejak awal memang dikenal sebagai salah satu pemandu music dan orchestra besar.

Addie MS memiliki peranan penting dalam acara Harlah 1 Abad NU kali ini, sebab dirinya ditunjuk khusus untuk mengarasemen dan mengonsep mars satu abad Nahdlatul Ulama dan beberapa music islami. Seperti yang telah diketahui bahwa addie MS juga seringkali melakukan kerjasama dengan PBNU untuk memeriahkan beberapa acara besar sebelumnya.

Bahkan Addie MS juga pernah melakukan koreografi dan mengarasemen lagau Ya Lal Wathon sebagai salah satu lagu utama di Nahdlatul Ulama. Sehingga pihak PBNU tidak ragu untuk melibatkan dirinya dalam rangkaian penyambutan satu abad NU tersebut.

Selain Addie MS, Pihak panitia juga menggandeng Denny Malik dalam memeriahkan Harlah 1 Abad NU tersebut. Bagi Denny Malik, kesempatan ini merupakan yang pertama dan tentunya menjadi satu kebanggaan sendiri pada dirinya, apalagi diakui bahwa NU merupakan role model yang selama inio Denny Malik banggakan.

Dalam kesempatan ini Denny Malik ditunjuk oleh paniat harlah sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan koreografi atas penampilan 1000 lebih anggota banser dari NU. Hal ini tentu menjadi salah satu penampilan yang juga sangat ditunggu-tunggu oleh semua undangan dan tamu yang akan hadir.

3. Musisi Tohpati

Musisi Tohpati merupakann daftar selanjutnya yang akan menjadi pengisi acara dalam Harlah 1 Abad NU. Pria dengan nama lengkap Tohpati Ario Hutomo bahkan merupakan salah satu pengisi acara yang ditunjuk langsung oleh pihak PBNU untuk bertanggung jawab dalam urusan (composing) Theme Song 1 Abad NU “Merawat Jagat, Membangun Peradaban” dengan lirik yang telah ditulis oleh Gus Musthofa Bisri.

Untuk mensukseskan permintaan tersebut maka Tohpati juga malakukan kerja sama dengan video rekaman di Czech Symphony Orchestra agar hasil akhir dari gubahan tersebut bisa sangat maksimal dan mampu memberikan kesan tersendiri dalam acara tersebut. Apalagi dengan moment yang hanya akan terulang 100 tahun sekali.

Perpaduan lirik Gus Mus dan gubahan maksimal dari musisi Tohpati tentu juga akan melahirkan seni music yang sangat khas untuk perayaan besar Harlah 1 Abad NU.

4. Maher Zain

Musisi selanjutnya adalah Maher Zain, sebagai salah satu penyanyi internasional nama Maher Zain tentu sangat dikenal luas dikalangan umat muslim dunia. Penyanyi yang dikenal dengan suara emasnya ini tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri karena tidak sedikit fans dan penggemarnya berasal dari Indonesia.

Satu aspek penting mengenai alasan kuat diundangnya Maher Zain dalam acara Harlah 1 Abad NU ini juga berdasar pada mekanisme penting untuk menyesuaikan semua syair islam yang akan lebih mendunia dan tentunya pesan islam yang ramah.

5. Musisi Dangdut Rhoma Irama

Pengisi acara selanjutnya dalam Harlah 1 Abad NU adalah penyanyi dangdut kondang dan legenda yakni Rhoma irama. Hadirnya Rhoma Irama ini tentu menjadi warna sendiri bagi perayaan tersebut sebab ada jenis music beragam, khususnya dalam jenis music dangdut.

Ada beberapa alasan mengapa Rhoma Irama diundang untuk memeriahkan acara penting NU ini, salah satunya adalah semua lagu yang seringkali dibawakan oleh Rhoma irama selalu mengangkat pesan penting mengenai moralitas. Dan tidak jarang Rhoma Irama menjadikan lagu dangdut sebagai salah satu metode dakwahnya.

Rhoma Irama juga dikenal memiliki fans fanatic dan militant yang seringkali dikenal dengan nama Forsa atau singkatan dari (Fans of Rhoma Irama dan Soneta Grup). Dengan jumlah yang juga sangat besar maka tentu bisa memberikan sumbangsih dalam acara Harlah 1 Abad NU tersebut.

6. Duet Cak Lontong Dan Akbar

Pengisi acara terakhir dalam acara satu abad NU tersebut adalah duat pelawak senior cak Lontong dan Akbar. Duet ini memang seringkali mengisi acar penting NU sejak lama, pembawaan yang khas dan gaya irisan komedi khas NU membuat duet ini sangat layak mengisi acara besar tersebut.

Semua pengisi acara dalam rangkaian Harlah 1 Abad NU ini akan tampil didepan 350 ulama lebih dan semua undangan dengan jumlah jutaan orang yang telah mendaftarkan diri sebelumnya. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.