Berita

Korea Utara Berambisi Memiliki Kekuatan Nuklir Terkuat di Dunia

Minggu, 27 November 2022 - 16:08
Korea Utara Berambisi Memiliki Kekuatan Nuklir Terkuat di Dunia Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya berfoto dengan tentara dan pekerja yang telah berkontribusi dalam uji coba ICBM baru . (FOTO A: Japan Today/ KCNA via AFP)

TIMES JATIM, JAKARTA – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un hari Minggu (27/11/2022) mengatakan negaranya berambisi memiliki kekuatan nuklir terkuat di dunia.

Media pemerintah Korea Utara, KCNA melaporkan, Kim Jong-un menyampaikan hal itu saat merayakan peluncuran rudal balistik antarbenua terbaru dalam sebuah upacara dengan putrinya yang masih kecil.

Kim Jong-un, seperti dilansir Japan Today, juga mempromosikan kepada lebih dari 100 pejabat dan ilmuwan untuk pekerjaan mereka di Hwasong-17 yang dijuluki sebagai "rudal monster" oleh para analis dan diyakini mampu mencapai daratan AS - hanya beberapa hari setelah Korea Utara melakukan uji coba menembakkannya di salah satu peluncurannya yang paling kuat.

Menyebut ICBM baru sebagai "senjata strategis terkuat di dunia", Kim Jong-un mengatakan para ilmuwan Korea Utara telah membuat lompatan maju yang luar biasa dalam pengembangan teknologi pemasangan hulu ledak nuklir pada rudal balistik," lapor Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi. .

Perintahnya yang dikutip KCNA, Kim Jong-un menyatakan, membangun kekuatan nuklir untuk melindungi martabat dan kedaulatan negara dan rakyat adalah tujuan revolusioner terbesar dan terpenting, dan tujuan utamanya adalah untuk memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia, kekuatan absolut yang belum pernah terjadi sebelumnya di abad ini.

"Para pejabat dan ilmuwan terkemuka telah menunjukkan kepada dunia tujuan Pyongyang membangun tentara terkuat di dunia," tambahnya.

Kendaraan peluncuran ICBM, Hwasong-17 yang baru dianugerahi gelar "Pahlawan DPRK", kata laporan terpisah KCNA, menggunakan akronim untuk nama resmi Korea Utara.

Ini "jelas terbukti di hadapan dunia, bahwa DPRK adalah kekuatan nuklir penuh," kata laporan itu sembari menambahkan, bahwa  Korea Utara sepenuhnya menunjukkan kekuatannya sebagai negara ICBM paling kuat.

Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan hampir selusin resolusi yang menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara atas aktivitas nuklir dan misilnya sejak 2006.

Menghadiri sesi foto pada hari Sabtu dengan para pejabat dan ilmuwan yang telah berkontribusi pada keberhasilan uji coba rudal, Kim Jong-un menyerukan peningkatan kemampuan pertahanan tanpa batas," kata KCNA dalam laporan lain.

Kim Jong-un mendesak para ilmuwan dan pekerja untuk "memperluas dan memperkuat pencegahan perang nuklir negara dengan kecepatan yang sangat cepat".

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat lebih dari selusin foto Kim pada sesi foto dengan "putri tercinta", yang terungkap ke dunia untuk pertama kalinya pada peluncuran ICBM minggu lalu.

Sampai saat ini, media pemerintah Korea Utara tidak pernah menyebut anak-anak Kim. "Laporan minggu lalu adalah konfirmasi resmi pertama bahwa dia memiliki seorang putri," kata para ahli.

Foto-foto itu menunjukkan gadis itu, diyakini sebagai anak kedua Kim bernama Ju Ae, mengenakan mantel kerah bulu hitam, bergandengan tangan dengan ayahnya saat mereka berpose di depan misil raksasa yang dikelilingi oleh tentara berseragam.

Tes ICBM 18 November lalu adalah yang terbaru dalam ledakan peluncuran rudal yang memecahkan rekor oleh Korea Utara, dengan para pejabat dan analis di Korea Selatan dan Amerika Serikat memperingatkan bahwa Pyongyang bisa memuncak dalam uji coba nuklir ketujuh, setelah terakhir menguji perangkat atom pada tahun 2017. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.