https://jatim.times.co.id/
Berita

Kumpulkan Uang Koin Selama 4 Tahun, Ibu di Jombang Akhirnya Bisa Umroh

Kamis, 03 Oktober 2024 - 20:12
Kumpulkan Uang Koin Selama 4 Tahun, Ibu di Jombang Akhirnya Bisa Umroh Tim Travel Umroh Assalam Berkah Abadi saat Menghitung Jumlah Uang Koin yang Dikumpulkan Lilik Setyorini (43) Ibu Rumah Tangga asal Jombang untuk Berangkat Umroh. (FOTO: Dok. Lilik for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Tekad yang kuat untuk ibadah ke tanah suci membuat Lilik Setyorini (43) seorang ibu rumah tangga di Jombang mengumpulkan uang koin selama 4 tahun untuk biaya ibadah umroh.

Perempuan yang tinggal di Dusun Mojolegi, Desa Dukuhmojo, Kecamatan Mojoagung, Jombang mempunyai semangat berangkat ke tanah suci yang terus iya gelorakan setiap harinya. Setiap hari ia selalu mengumpulkan uang koin receh untuk ditabung demi mewujudkan keinginannya umroh ke tanah suci. 

Tim-Travel-Umroh-Assalam-Berkah-Abadi-2.jpg

Selama 4 tahun tersebut Lilik berhasil mengumpulkan sebanyak Rp31.500.000 lebih. Uang puluhan juta itu merupakan hasil dari ia menyisihkan uang koin receh setia harinya. 

Uang yang sudah ia kumpulkan selama 4 tahun tersebut Lalu ia antarkan ke kantor travel pemberangkatan umroh yang ada di Dusun Wonoayu, Dukuhmojo, Mojoagung Jombang. Iya rela menempuh jarak 500 meter dari rumahnya menuju kantor travel tersebut menggunakan arco dorong. 

Tim-Travel-Umroh-Assalam-Berkah-Abadi-3.jpg

Lilik, saat dikonfirmasi awak media mengaku kebiasaan yang menabung uang koin recehan itu dimulai sejak akhir tahun 2020. Dalam pengakuannya, iya memang sudah lama ingin pergi ke tanah suci. 

Wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini, sudah mulai mengumpulkan uang koin receh itu bertahap dimulai tahun 2020 akhir. Ia mengaku tidak menetapkan nominal tertentu dalam mengumpulkan uang tersebut, yang jelas setiap harinya lili harus memastikan tabungannya terisi ke dalam toples yang memang disediakan khusus untuk menyisihkan uang itu. 

"Jadi memang saya setiap hari memasukkan uang ke dalam toples yang sudah saya sediakan. Toples itu memang saya khususkan untuk ia menabung uang recehan itu untuk umroh ke tanah suci," ucapnya kepada awak media di Kantor Travel Umroh Assalam Berkah Abadi pada Kamis (3/10/2024). 

Lilik mengaku, nominal yang iya sisihkan ke dalam toples tersebut beragam. Mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, hingga Rp10.000. uang tersebut berasal dari uang sisa belanja sehari-hari yang ia kumpulkan. 

Selama 4 tahun itu Lilik terus konsisten menyisihkan uang recehan koin tersebut ke dalam toples. Total ada 22 toples berwarna putih dengan 8 toples bening dan 2 galon yang menjadi wadah uang receh tersebut. 

Hasilnya pun tidak main-main, dalam setiap wadahnya terkumpul nominal yang beragam. Satu wadah galon total berisi uang sebanyak Rp2,5 juta, 1 toples putih isinya Rp1 juta, dan toples bening sekitar Rp400 ribuan. 

Sementara itu koin dalam toples bening didominasi uang receh dengan nominal Rp500. Sedangkan toples berwarna putih dan galon berisi koin dengan nominal Rp1.000. ia melanjutkan konsisten menabung sama sekali tidak membuat ia keberatan. Tujuannya hanya satu yakni umroh ke tanah suci. 

"Kalau ditanya keberatan atau tidak saya sama sekali tidak merasa keberatan. Apalagi yang saya tabung ini uang recehan hasil sisa belanja. Bagi saya Ini adalah ikhtiar agar saya bisa mewujudkan keinginan saya umroh ke tanah suci," ungkapnya. 

Sementara itu, menurut Abuya Febri, pemilik travel Assalam Berkah Abadi yang dipercaya oleh Lilik untuk keberangkatannya ke tanah suci, mengaku terharu dengan perjuangan Lily yang rela mengumpulkan uang recehan koin selama 4 tahun untuk berangkat umroh. 

"Jujur Saya kagum dan terharu karena selama ini kami belum pernah menemui jamaah yang melakukan pembayaran paling niat seperti Ibu Lilik menggunakan uang koin. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi semua masyarakat di Kabupaten Jombang bahwasanya ketika niat kita baik dan konsisten pasti akan diijabah oleh Tuhan," jelasnya. 

Lebih lanjut, iya menuturkan proses pembayaran yang dilakukan oleh Lilik berlangsung tanpa ada kendala sama sekali. Pihaknya menerima dengan ikhlas uang yang dibawa oleh lili meskipun dalam bentuk koin yang jumlahnya besar. 

"Kami ikhlas sangat ikhlas, kami bersyukur ada jamaah yang punya niat sebesar Ibu Lilik. Tim kami berjumlah 12 sampai 15 orang jadi kami siap membantu menghitung koin-koin yang dibawa Ibu Lilik untuk pergi ke tanah suci," tandasnya. 

Abuya melanjutkan, jamaahnya tersebut akan diberangkatkan ke tanah suci pada 14 Oktober 2024 tanpa transit dari terminal 2 bandara Juanda, Surabaya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.